tanah bumbu

Momen Hari Ibu dan HUT DWP, Ketua Persit Tanbu Tampilkan Wastra Nasional Tenun Pagatan

apahabar.com, BATULICIN – Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLIX Dim 1022/Tanah Bumbu, Dian Rahmat Trianto,…

Featured-Image
Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLIX Dim 1022/Tanah Bumbu, Dian Rahmat Trianto. Foto-Kodim 1022/TNB

bakabar.com, BATULICIN – Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLIX Dim 1022/Tanah Bumbu, Dian Rahmat Trianto, menghadiri kegiatan peringatan ke-93 Hari Ibu dan HUT Dharma Wanita Persatuan (DWP) ke-22.

Acara digelar di Gedung Mahligai Bersujud, Kecamatan Simpang Empat, Selasa (21/12).

Pada kegiatan tersebut, Dian Rahmat Trianto, memperkenalkan kepada seluruh hadirin tentang Tenun Pagatan yang merupakan Wastra Nusantara dan salah satu kekayaan budaya.

Dian yang juga Ketua Tanah Bumbu Bungas saat ini terus mengembangkan Tenun Pagatan menjadi produk berupa tas dan kipas tenun agar dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Keindahan dan keunikan Tenun Pagatan telah membuat Ketua Tanah Bumbu Bungas ini jatuh cinta dan terinspirasi untuk menjaga dan melestarikannya dengan cara memperkenalkan warisan budaya ini dalam bentuk produk yang kekinian, namun memiliki nilai seni yang tinggi.

“Sejak pertama kali melihat tenun Pagatan saya langsung jatuh cinta. Keindahan motif dan keunikannya membuat saya terinspirasi untuk memperkenalkan kepada seluruh masyarakat dalam bentuk produk berupa tas dan kipas berbahan dasar Tenun Pagatan,” ujar Dian.

Dia mengatakan semua kegiatan yang ia lakukan adalah sebagai upaya menjadikan tenun Pagatan tetap lestari, sehingga dapat diwariskan kepada anak cucu nantinya.

“Kita juga terus meningkatkan keterampilan anggota Persit Dim 1022 dengan melakukan pelatihan tentang proses pembuatan tas dan kipas berbahan dasar Tenun Pagatan, sehingga produk terus lestari” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner