Serba-serbi Ramadan

Mitos atau Fakta, Berolahraga saat Puasa Bikin Lemas?

Meski sedang melaksanakan puasa di bulan Ramadan, beberapa orang kadang masih melakukan sejumlah olahraga, seperti joging, fitness, dan lain sebagainya.

Featured-Image
Ilsutrasi olahraga di bulan puasa. Foto: Tokopedia.

bakabar.com, JAKARTA - Meski sedang melaksanakan puasa di bulan Ramadan, beberapa orang kadang masih melakukan sejumlah olahraga, seperti jogging, fitness, dan lain sebagainya.

Namun apakah sejumlah kegiatan olahraga tersebut dapat membuat badan lemas saat puasa?

Dokter Sandi Perutama Gani tak menampik jika banyak orang berpikir olahraga selama puasa akan membuat tubuh semakin lemas.

"Padahal, olahraga justru dapat membantu penyerapan gula darah ke dalam otot, sehingga tubuh terasa lebih segar," ujarnya dilansir dari Kompas (9/4).

Demi memaksimalkan olahraga, pilih waktu dan jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuh. Soal waktu, bisa dilakukan setelah sahur, sesaat sebelum, dan setelah berbuka puasa.

Jika memilih setelah sahur, menurut LessMills Body Pump Certified Instructor Diraja Perutama Sutan, berikan jeda satu jam setelah makan.

Jenis olahraga yang dipilih bisa seperti jogging dengan intensitas rendah ke sedang, selama kurun waktu 30 menit.

"Kamu bisa coba pemanasan dulu, 5-10 menit, sekitar 2-3 putaran. Saat itu kamu bisa tahu kondisi tubuh. Kalau kuat, silakan lanjut, kalau tidak, lebih baik berhenti," ujar Sutan.

Untuk olahraga sesaat sebelum berbuka puasa, maka bisa dilakukan 30-60 menit sebelum waktu buka. Olahraga yang bisa dilakukan juga bisa dengan intensitas sedang.

Nah, jika sudah berbuka puasa, menurut Sutan, kamu bisa memilih olahraga dengan intensitas berat. Namun, pastikan kamu berolahraga setelah makan berat.

Jarak waktu antara makan dan olahraga adalah satu jam. Setelah olahraga, kamu bisa mengonsumsi pisang.

"Sebab, mengonsumsi pisang setelah melakukan olahraga intensitas berat dapat membantu mengembalikan energi dengan cepat dan membantu tubuh terasa lebih nyaman. Sehingga, waktu istirahat menjadi lebih optimal," tandas Sutan.

Editor


Komentar
Banner
Banner