Sport

Misi Pertahankan Gelar Juara Popda, Banjarmasin Turunkan Ratusan Atlet

Mengusung misi mempertahankan gelar, Banjarmasin menurunkan 179 atlet di Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kalimantan Selatan 2023.

Featured-Image
Wali Kota Ibnu Sina melalui wefie bersama atlet-atlet pelajar Banjarmasin yang akan bertanding di Popda Kalsel 2023. Foto: Antara

bakabar.com, BANJARMASIN - Mengusung misi mempertahankan gelar juara, Banjarmasin menurunkan 179 atlet di Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kalimantan Selatan 2023.

Dilansir dari Antara, ratusan atlet tersebut resmi dilepas oleh Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, Minggu (21/5).

"Kami optimistis bisa mempertahankan tradisi juara umum Popda, mengingat Banjarmasin menjadi tuan rumah bersama Banjarbaru," papar Ibnu.

"Terlebih Pemkot Banjarmasin sudah memberikan dukungan pengembangan dan pembinaan atlet yang disiapkan, baik melalui instansi terkait maupun KONI," tegasnya.

Popda Kalsel 2023 mempertandingkan 195 nomor dari 11 cabang olahraga, yakni atletik, dayung, gulat, judo, karate, menembak, panahan, panjat dinding, renang, taekwondo dan kempo.

Dari sekian cabang olahraga, Banjarmasin mengandalkan dayung sebagai ladang emas di Popda Kalsel 2023.

"Kami menargetkan 40 emas dengan dayung sebagai cabang olahraga unggulan," papar Fatimah, Plt Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Banjarmasin.

"Tentu cabang olahraga lain juga harus bisa meraih emas, target mempertahankan predikat juara umum terpenuhi," sambungnya.

Menjawab tantangan Pemkot Banjarmasin, pedayung pelajar yang disiaplam pun telah melakukan latihan keras.

"Dayung menurunkan 13 atlet putra putri. Sekarang porsi latihan telah ditingkatkan dan mudahan membuahkan hasil," sahut Marhama, pelatih dayung Popda Banjarmasin.

"Kalau sebelumnya porsi latihan rutin dua kali sehari, sekarang ditambah menjadi tiga hingga empat kali sehari di Sungai Awang Kompleks Mandiri," pungkasnya.

Selain di Banjarmasin, venue Popda 2023 Kalsel terletak di Kampus Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (JPOK) FKIP ULM di Banjarbaru.

Editor


Komentar
Banner
Banner