Perawatan Wajah

Metode Double Cleansing, Langkah Maksimal Bersihkan Wajah

Membersihkan wajah hanya sekali tidaklah cukup. Metode double cleansing akan memberikan manfaat yang lebih untuk kulit yang bersih dan sehat.

Featured-Image
Double cleansing merupakan metode membersihkan wajah dengan dua tahap. Foto: Prostock-Studio/istock photo

bakabar.com, JAKARTA – Membersihkan wajah hanya sekali tidaklah cukup. Metode double cleansing akan memberikan manfaat yang lebih untuk kulit yang bersih dan sehat.

Mirip dengan banyak aspek perawatan kulit, kita sering mencari inspirasi dari tren kecantikan Korea untuk membimbing pencarian kita akan kulit yang indah, dan double cleansing atau membersihkan wajah dua kali, termasuk dalam kategori tersebut.

Ide double cleansing mungkin terlihat berlebihan bagi mereka yang cenderung malas dalam rutinitas kecantikan. Namun, investasi waktu beberapa menit tambahan dapat membuat perbedaan besar dalam merawat kulit.

Melansir Byrdie (2/10), double cleansing merupakan proses membersihkan wajah dengan menggunakan dua jenis produk, awalnya dengan pembersih berbahan dasar minyak (oil based) dan diikuti oleh pembersih berbahan dasar air (water based).

Pendekatan ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran, makeup, minyak berlebih, dan sel kulit mati yang menempel di kulit Anda.



“Langkah pertama menghilangkan kotoran berbahan dasar minyak seperti sebum, SPF, riasan, dan polutan, sedangkan langkah kedua membersihkan kotoran berbahan dasar air seperti keringat dan kotoran,” jelas dokter kulit bersertifikat Annie Chiu, dikutip dari Byrdie.

Setelah mencuci wajah dengan minyak pembersih, langkah selanjutnya adalah menggunakan pembersih kedua yang berbahan dasar air, dan membersihkannya seperti biasa. Disarankan untuk mencuci wajah selama satu menit sebelum dibilas dengan air hangat.

“Pastikan untuk memijat pembersih ke wajah Anda sebentar sebelum membilasnya dengan air hangat—ini membantu meminimalkan iritasi dan mengeringkan kulit dan penting jika Anda menderita rosacea,” catat Chiu.

Manfaat Double Cleansing
Double cleansing memiliki manfaat untuk mencegah jerawat, penumpukan komedo akibat polusi dan meningkatkan kualitas skincare yang digunakan. Foto: EXTREME-PHOTOGRAPHER/istock photo
Double cleansing memiliki manfaat untuk mencegah jerawat, penumpukan komedo akibat polusi dan meningkatkan kualitas skincare yang digunakan. Foto: EXTREME-PHOTOGRAPHER/istock photo

Prosedur double cleansing cukup sederhana, terdiri dari dua tahap yang mudah diikuti. Langkah pertama melibatkan penggunaan oil cleanser balm, atau air micellar, yang dioleskan pada kulit kering untuk menghilangkan makeup, racun, polusi, SPF, dan sebum. 

Double cleansing penuh dengan manfaat perawatan kulit, mulai dari membantu mencegah jerawat hingga membersihkan pori-pori dengan lembut. Berikut manfaat spesifik dari double cleansing:

Mencegah timbulnya jerawat
"Penumpukan sebum menyebabkan infeksi yang menyebabkan jerawat, Pembersih berbahan dasar minyak sangat bagus dalam menghilangkan kotoran, residu, kosmetik berbahan dasar minyak, dan yang terpenting sebum, yang diproduksi secara berlebihan saat seseorang berjerawat,” ujar Chiu.
Meningkatkan kemanjuran produk perawatan kulit lainnya
"Double cleansing, terutama di malam hari, dapat membantu produk Anda yang lain meresap lebih baik," imbuh Chiu.

Lembut pada kulit
"Anda akan menemukan bahwa dua langkah lembut bekerja lebih baik daripada satu formula kuat untuk melawan sensitivitas atau kekeringan berlebihan," tambah Chiu.

Cara Memilih Pembersih yang Tepat
Jika Anda memiliki kulit kering, Chiu menyarankan untuk mencari pembersih lembut yang tidak akan menghilangkan minyak alami kulit.
Disarankan untuk menggunakan cleanser yang gentle pada kulit. Foto: gpointstudio/istock photo
Disarankan untuk menggunakan cleanser yang gentle pada kulit. Foto: gpointstudio/istock photo
“Pembersih dengan pH netral akan memastikan kulit tidak semakin kering, begitu juga dengan bahan-bahan seperti shea butter, jojoba, minyak nabati, madu, dan squalene,” catat Chiu.

Untuk kulit berminyak, bahan anti inflamasi seperti vitamin E dan polyhydroxy acid dapat membantu melawan komedo. Jenis kulit kombinasi akan mendapat manfaat dari pembersih penyeimbang yang mengandung ceramide untuk mempertahankan kelembapan serta sesuatu yang ringan untuk menghidrasi sekaligus mengontrol minyak.
Editor
Komentar
Banner
Banner