Kalsel

Mereka yang Punya Kans Maju di Pilkada Tanah Bumbu  

apahabar.com, BATULICIN – Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Tanah Bumbu memang baru dilaksanakan pada 2021. Namun,…

Featured-Image
Mereka yang Punya Kans Maju di Pilkada Tanah Bumbu. Foto-istimewa

bakabar.com, BATULICIN – Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Tanah Bumbu memang baru dilaksanakan pada 2021. Namun, kabarnya nama-nama yang akan maju pada Pilkada tersebut sudah mulai bermunculan.

Nama pertama yang menyatakan siap maju pada Pilkada Tanah Bumbu adalah Cuncung H. Maming. Cuncung yang pada Pemilu Legislatif lalu mendapatkan 35.011 suara jelas diuntungkan karena sudah memiliki modal suara besar untuk maju di Pilkada Tanah Bumbu.

Baca Juga: Cuncung H Maming Siap Maju di Pilkada Kalsel

Keuntungan lainnya karena ia merupakan kakak dari Mardani H. Maming, Bupati Tanah Bumbu periode 2010-2018 yang dinilai sukses membawa perubahan di banyak sektor. Cuncung juga dikenal sebagai figur yang luwes dan mudah bergaul dengan masyarakat.

“Mau dicalonkan sebagai gubernur, wakil gubernur, atau sebagai bupati saya siap,” kata Cuncung.

Tokoh lainnya yang dinilai memiliki kans untuk maju pada Pilkada Tanah Bumbu adalah Rooswandi Salem. Rooswandi yang saat ini menjabat sebagai Sekda Tanah Bumbu memiliki segudang pengalaman di dunia birokrasi dan organisasi. Hal itu membuat Rooswandi dinilai sebagai figur yang cocok maju di Pilkada Tanah Bumbu, meski kebanyakan orang menempatkan namanya pada posisi nomor dua yakni wakil bupati.

Rooswandi sendiri sudah mengomentari terkait isu pencalonan dirinya. “Soal rezeki dan apapun soal hidup saya itu sudah ada yang mengatur. Siapapun, termasuk saya tidak akan dapat menduga apa yang terjadi ke depan. Saya hanya ingin berbuat lebih besar dan terbaik bagi orang banyak di manapun berada,” katanya.

Baca Juga: Disebut Masuk Bursa Calon di Pilkada Tanbu, Begini Respon Rooswandi Salem

Selain dua figur di atas, sosok lain yang dianggap potensial adalah Sulaiman Umar. Pria muda yang berhasil meraup 12.339 suara di Tanah Bumbu pada Pileg DPR RI kemarin juga dinilai punya kans besar jika mencalonkan diri menjadi Bupati Tanah Bumbu.

Sejak Pemilu 2019, Sulaiman Umar memang sukses menyedot perhatian masyarakat Kalsel. Sulaiman Umar termasuk tokoh yang memiliki gaya kampanye konseptual sekaligus kreatif. Seringkali ia terlihat terjun langsung dan berbaur dengan masyarakat.

Lalu, apa jawaban Sulaiman Umar terkait peluangnya maju di Pilkada Tanah Bumbu?

“Saat ini saya masih fokus ke tanggung jawab yang telah diamanahkan kepada saya di DPR RI. Kita kembalikan kepada rakyat, dan menyesuaikan dengan apa yang dibutuhkan masyarakat,” ujarnya kepadabakabar.com.

Baca Juga: Paman Birin Usul Dana Cadangan Pilkada 2020

Nama lain yang yang dianggap sudah punya modal untuk maju Pilkada adalah M. Syaripuddin yang pada Pileg DPRD Provinsi Kalsel kemarin berhasil mendapatkan 25.347 suara di Tanah Bumbu.

Saat ditanya tentang potensi dirinya maju di Pilkada Tanah Bumbu, M. Syarifuddin mengatakan dirinya akan selalu melaksanakan perintah partai yakni PDI Perjuangan.

“Misalnya seperti majunya saya di Pileg DPRD Provinsi Kalsel kemarin itu adalah keputusan partai. Bagi saya, apapun yang menjadi keputusan partai akan saya laksanakan sebaik-baiknya. Saya akan all out,” katanya.

Berbeda dengan tokoh-tokoh lain yang ramai mengomentari terkait isu pencalonannya, Bupati Tanah Bumbu, Sudian Noor, yang juga masuk bursa justru memilih bungkam. Saat dikonfirmasibakabar.com, Sudian Noor yang memang dikenal pelit memberikan statemen kepada media massa tak memberikan jawaban.

Baca Juga: Enggan Tebar Janji Manis, Cuncung: Kerja, Kerja, Kerja

Figur lain yang muncul sebagai alternatif adalah Ketua KONI Tanah Bumbu, Saipul Rahman, anggota DPRD Tanah Bumbu terpilih, Andre Atma Maulani, politisi PAN Fawahisah Mahabatan, dan mantan Wakil Bupati Tanah Bumbu, Difriadi Darjat.

Reporter: Puja Mandela
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner