LIFESTYLE

Merasa Takut dengan Hari Senin? Ini 5 Tips Hadapi Monday Blues

Apakah Anda selalu merasa 'takut' untuk menghadapi hari Senin? Kalau demikian, bisa jadi itu pertanda sebuah kondisi yang dinamakan Monday Blues

Featured-Image
Ilustrasi seorang pekerja sedang stres. Foto-Pexels via Antara

bakabar.com, JAKARTA – Saat memasuki akhir pekan, apakah Anda selalu merasa 'takut' untuk menghadapi hari Senin? Kalau demikian, bisa jadi itu pertanda sebuah kondisi yang dinamakan Monday Blues.

Monday Blues adalah kondisi di mana seseorang merasa takut, cemas, bahkan tidak bersemangat menjalani hari Senin. Ini bisa dikarenakan ketidaksiapan mental untuk kembali ke rutinitas, seperti sekolah atau bekerja, yang notabene menyebabkan stres.

Seseorang yang mengalami Monday Blues akan merasakan suasana hati buruk, entah pada akhir pekan atau di hari Senin-nya. Dalam beberapa kasus, perasaan itu juga diiringi dengan sakit kepala, otot tegang, kesulitan bernapas, bahkan peningkatan tekanan darah.

Kondisi tersebut sebenarnya tidak termasuk penyakit klinis, tetapi tetap saja bisa menurunkan produktivitas hingga memengaruhi kesehatan. Sebab itu, jika Anda merasa tengah mengalami Monday Blues, segera ambil tindakan berikut untuk mengatasinya:

Manjakan Diri

Melakukan perawatan diri di akhir pekan dapat membantu mengatasi Monday Blues. Manjakan diri dengan melakukan me time atau berkumpul bersama orang terkasih. Dengan begitu, mood dapat meningkat, pikiran dan tubuh pun jadi lebih rileks.

Buat Jurnal

Jangan pendam sendiri kekhawatiran Anda saat akan menghadapi hari Senin. Jika enggan membaginya dengan orang lain, curahkan hal tersebut dalam goresan jurnal harian.

Cobalah curahkan tentang kegundahan di lubuk hati tentang hari Senin: emosi yang dirasakan, identifikasi masalah yang membuat perubahan emosi itu, sekaligus cari dan paparkan langkah yang perlu dilakukan untuk mengatasinya.

Tetapkan Jadwal

Cara lain yang bisa mengurangi rasa khawatir di hari Senin, yakni dengan menetapkan jadwal sedemikian rupa. Jika memungkinkan, hindari menjadwalkan rapat atau tugas besar pada hari Senin.

Hal tersebut dapat mencegah menumpuknya tugas dan rasa khawatir di akhir pekan. Kebiasaan ini juga bisa melatih Anda agar memiliki manajemen waktu yang baik.

Latihan Pernapasan

Untuk mengurangi rasa cemas akan segala ketakutan yang bakal dihadapi di hari Senin, latihan pernapasan bisa menjadi solusi tepat. Tarik napas dan embuskan dengan fokus pada diafragma agar tubuh menjadi lebih rileks.

Terapkan Pola Hidup Sehat

Selain melatih mental, Monday Blues juga bisa diatasi dengan menerapkan pola hidup sehat. Salah satunya dengan rutin berolahraga yang bisa membuat Anda merasa lebih bahagia dan terhindar dari kondisi tersebut.

Pastikan pula mengonsumsi makanan sehat, terutama yang bisa meningkatkan mood, seperti ikan, pisang, cokelat hitam, yoghurt, atau kacang-kacangan. Selain itu, jangan bergadang dan cukupi waktu tidur setiap malam, yaitu 7–9 jam per malam.

Itulah lima tips yang bisa Anda lakukan jika merasa khawatir saat akan menghadapi hari Senin. Kalau kondisi tersebut dirasa tak kunjung membaik, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Semoga bermanfaat!

Editor


Komentar
Banner
Banner