Olahraga

Meraih Tiket PON 2024, Dua Atlet HST Sumbang Kado di Bulan Kemerdekaan

Dua atlet itu yakni, Dewi Raisa Ramadani atlet Muaythai dan Irman Qurtubi atlet yang memperkuat Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) HST.

Featured-Image
Momen kemenangan Dewi pada Pra PON Kejuaraan Muay Thai di Glora Pancasila Surabaya, Jumat (25/8). Foto-Istimewa

bakabar.com, BARABAI - Dua atlet Hulu Sungai Tengah (HST) memberikan kado istimewa di bulan Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Mereka adalah atlet muay thai Dewi Raisa Ramadani atlet Muaythai, dan petenis meja Irman Qurtubi.

Keduanya berhasil meraih tiket menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) di Aceh-Sumut 2024, setelah menyelesaikan kualifikasi dengan apik.

"Dewi masuk enam besar di kelas 54 kilogram," papar Ketua Muaythai Indonesia HST, Ramadhan, Sabtu (26/8).

Meraih tiket menuju PON bukan perkara mudah untuk gadis kelahiran 2004 tersebut. Dewi harus bertanding tiga kali di kualifikasi yang dihelat di Glora Pancasila Surabaya, Jumat (25/8).

"Pertarungan pertama dengan Sumatera Selatan, tetapi lawan tidak datang.  Langsung dilanjutkan ke pertandingan berikutnya," beber Ramadhan.

Pertandingan kedua, Dewi melawan atlet asal Kalimantan Barat (Kalbar). Sayangnya Dewi mengalami kekalahan.

Lalu dalam pertandingan terakhir merebutkan peringkat lima dan enam melawan atlet asal Papua Barat, Dewi akhirnya meraih kemenangan.

Secara keseluruahan, atlet muay thai Kalsel memperoleh 3 tiket menuju PON 2024, "Sekarang sedang persiapan pemusatan latihan. Teknis pelaksanaan akan segera dirapatkan," tutup Ramadhan.

Selain Dewi adalagi Irman Qurtubi. Lelaki kelahiran 2002 itu juga berhasil meraih tiket ke PON 2024.

Tiket berhasil disabet setelah Irman berhasil menumbangkan 2 pemain nasional asal Kalteng, Hendra dan Riau, Algifari pada seleksi Pra PON di Ibu Kota RI, Jakarta.

Irman juga memperkuat tim tenis meja putra Kalsel yang diisi Akhmad Rudi, Gilang Ramadhan, Aulia Rahman dan M Razibi Mahendra.

Mereka berhasil menundukkan Banten 3-2 dalam penentuan peringkat prakualifikasi PON ke 12 yang berlangsung di Atrium Baywalk Mall Pluit, Jakarta Utara, Minggu (20/8).

Berkat kemenangan itu, Kalsel menempati peringkat 9 dan otomatis lolos ke PON XXI.

Satu lagi atlet HST, M Bandi asal Desa Nateh dari Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI). Dia tengah berjuang untuk menuju Pra PON .

Untuk dapat melaju ke Pra PON, dia harus menyisihkan 38 atlet arung jeram yang dipanggil untuk diseleksi sebanyak 38 orang se Kalsel.

Bandi berhasil menyisihkan lawannya. Sehingga dia termasuk dari 6 orang putra-putri dipilih mewakili Kalsel dalam Pra PON Zona 3 pada 30 Agustus sampai 8 September 2023 di Manado, Sulawesi Utara.

"Saat ini pemusatan pelatihan di Martapura menuju Pra PON di Sulawesi," jelas Ketua FAJI HST, Fakhrurazi.

Sebelumnya, FAJI melakukan pemusatan latihan serta menyeleksi atlet dari seluruh daerah di Provinsi Kalsel. Seleksi atlet FAJI itu berdasarkan hasil dari Kejurprov dan Porprov Kalsel.

Editor


Komentar
Banner
Banner