Kalsel

Menuju Zona WBK, PN Tanjung Tingkatkan Inovasi Pelayanan Masyarakat

apahabar.com, TANJUNG – Pengadilan Negeri (PN) Tanjung melakukan sejumlah inovasi pelayanan terhadap masyarakat. Hal ini bagian…

Featured-Image
Ketua PN Tanjung, Dr Wisnu Widiastuti. Foto-Istimewa

bakabar.com, TANJUNG – Pengadilan Negeri (PN) Tanjung melakukan sejumlah inovasi pelayanan terhadap masyarakat. Hal ini bagian komitmen serius menuju zona Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

Ketua PN Tanjung, Dr Wisnu Widiastuti mengatakan, zona integritas itu poinnya dua, yaitu bebas korupsi dan pelayanan publik. Untuk mencapai itu pembenahan dilakukan di internal dan keluar.

“Kami akan lakukan pembenahan internal dan juga keluar dengan lebih meningkatkan pelayanan ke masyarakat,” jelasnya, Kamis (25/2).

Selain itu, inovasi-inovasi pelayanan juga terus dikembangkan untuk menuju Zona Integritas tersebut, inovasi terbaru membuat Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan (Siap) PN Tanjung.

“Aplikasi tersebut ada d play store, yang lebih membanggakan yang membuat ini kebetulan pegawai honorer kami,” beber Wisnu.

Dijelaskan Wisnu, aplikasi ini merupakan sistem terpadu yang berisi informasi dan berbagai aplikasi pelayanan PN Tanjung. Semua layanan yang berhubungan dengan masyarakat ada disini.

Selain aplikasi SIAP PN Tanjung, tahun ini juga pihaknya meluncurkan Sistem Informasi Keluhan Sidang (Si Aluh).

Melalui aplikasi ini, masyarakat bisa memberi masukan apabila ada kekurangan PN Tanjung dalam pelaksanaan sidang, dimana saat ini digelar secara daring, biasanya sinyalnya jelek dan itu bisa menjadi masukan.

Wisnu juga menyampaikan ada lagi layanan yang mereka kembangkan yaitu Aplikasi Pengawasan Kebersihan Pengadilan Negeri Tanjung (E-Sikat).

Masyarakat yang datang ke sini bisa menilai dan mengawasi kebersihan di kawasan PN Tanjung, dan sistem ini terhubung langsung ke pimpinan jadi tindak lanjutnya cepat.

PN Tanjung juga membuat akun tiktok PN Tanjung yang bertujuan untuk memberikan informasi pelayanan pihaknya. Sasarannya anak muda agar paham pelayanan yang ada di PN Tanjung.

Ditambahkan Wisnu,pada bulan Maret mendatang pihaknya berencana kembali untuk meluncurkan sebuah sistem untuk mendukung pihaknya menuju zona integritas dengan melaunching aplikasi panggilan sidang (E-Calling).

“Semua inovasi sistem ini juga untuk memudahkan pihaknya serta menghindari kontak langsung dengan orang. Apalagi kita masih di masa pandemi Covid-19” jelasnya.

Selain beberapa inovasi layanan itu, PN Tanjung juga melaksanakan penandatanganan kerjasama dengan berbagai pihak untuk mendukung pihaknya menuju zona integritas WBK.

Seperti MoU dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN), Dinas Sosial (Dinsos) Tabalong, Kantor Pos, bekerjasama dengan Klinik Husada untuk melaksanakan tes antigen bagi karyawan PN Tanjung.

Selain itu ada lagi bentuk kerjasama dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pilar Keadilan untuk pendampingan hukum kepada masyarakat tidak mampu. Serta kerjasama dengan Hotel Aston Tanjung, tv serta radio lokal berkaitan tentang penyampaian informasi kepada masyarakat melalui videotron atau televisi.



Komentar
Banner
Banner