Kalsel

Menjadi Gerbang IKN, Lanud Syamsudin Noor Naik Tipe

apahabar.com, BANJARMASIN – Sebagai pintu gerbang Ibu Kota Negara (IKN) paling selatan, Provinsi Kalimantan Selatan mulai…

Featured-Image
Salah satu aktivitas di Lanud Syamsudin Noor yang ditargetkan naik ke tipe A. Foto: Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Sebagai pintu gerbang Ibu Kota Negara (IKN) paling selatan, Provinsi Kalimantan Selatan mulai melakukan pembenahan.

Salah satu yang ikut berbenah adalah Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Syamsudin Noor. Dalam beberapa tahun kedepan, grade pangkalan ini naik tipe.

“Lanud Syamsuddin Noor akan ditingkatkan menjadi tipe A,” jelas Komandan Lanud Syamsudin Noor, Kolonel Pnb M Taufiq Arasj, Senin (4/1).

“Peningkatan itu perlu dilakukan guna memperkuat pengamanan udara di sekitar IKN,” tambahnya.

Peningkatan itu dipastikan membutuhkan proses yang panjang, mengingat Lanud Syamsudin Noor masih bertipe D.

“Pengembangan sarana dan prasarana ini tidak terlepas dari peran pemerintah daerah. Agar semuanya lancar, diperlukan komunikasi dengan pemerintah provinsi,” beber Taufiq.

Dalam tahap awal, Lanud Syamsudin Noor segera membangun markas komando. Pembangunan ini membutuhkan lahan yang tidak sedikit untuk pembangunan sarana dan prasarana.

Sementara Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK, mendukung rencana kenaikan tipe Lanud Syamsudin Noor.

“Kami mendorong Lanud Syamsudin Noor naik menjadi tipe A, karena ini juga sebagai upaya menyambut IKN yang baru,” sahut Supian.

Selain dukungan anggaran dari APBD Kalsel, DPRD juga siap bekerjasama dengan pemerintah pusat. “Intinya DPRD Kalsel siap memfasilitasi,” tegas Supian.



Komentar
Banner
Banner