Pembangunan Ibu Kota Negara

Menhub Tinjau Proyek Dermaga Wisata dan Bandara VVIP di IKN

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau lokasi dermaga wisata dan bandara VVIP di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Featured-Image
Menhub Budi Karya Sumadi meninjau lokasi bakal dibangunnya dermaga wisata dan bandara VVIP yang berada di wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Foto: ANTARA

bakabar.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau lokasi bakal dibangunnya dermaga wisata dan bandara VVIP yang berada di wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Jumat (20/1).

"Kami bersama-sama meninjau titik dari pelabuhan atau dermaga seperti di dermaga wisata Marina di Labuan Bajo. Ada tiga alternatif lokasi tetapi kami sudah memutuskan satu lokasinya, yaitu di daerah Punggur yang berada sekitar 9 kilometer dari IKN," ujar Menhub dikutip dari keterangan tertulisnya.

Kunjungan kerja Menhub ke IKN merupakan bagian dari langkah pemerintah untuk menyiapkan perencanaan pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana transportasi di IKN yang menjadi salah satu program prioritas pada 2023.

Sejumlah infrastruktur transportasi yang akan dibangun di IKN yaitu dermaga wisata, bandara VVIP, dan transportasi ramah lingkungan.

Baca Juga: Jika Jakarta Tak Lagi Ibu Kota

Menhub mengungkapkan dengan jarak dan waktu tempuh yang tidak terlalu jauh antara Punggur dan Balikpapan bakal memudahkan aksesibilitas dua daerah tersebut.

"Ditambah lagi, di lokasi tersebut memiliki pemandangan laut yang indah. Dermaga ini nantinya dilengkapi dengan fasilitas kapal wisata, dan area untuk kuliner dan fasilitas lain yang menarik bagi wisatawan," ucap dia.

Selain meninjau lokasi bakal dermaga wisata, Menhub juga meninjau lokasi bakal bandara VVIP yang akan digunakan untuk melayani tamu-tamu kenegaraan.

"Kami melakukan 'overview' dengan helikopter melihat beberapa titik yang menjadi alternatif lokasi bandara VVIP yang akan menjadi pangkalan udara TNI AU," katanya.

Baca Juga: Menhub Tinjau Proyek Transportasi di IKN Jumat ini

Selain itu, kata dia, Kemenhub tengah berkoordinasi dengan TNI AU, Kementerian PUPR, dan pihak terkait lainnya untuk menetapkan satu lokasi dari beberapa alternatif lokasi yang diajukan.

"Untuk dermaga wisata telah kami tentukan titiknya, selanjutnya untuk bandara masih kami kumpulkan data-datanya semoga dalam waktu dekat sudah bisa kita tentukan lokasinya," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner