LIFESTYLE

Mengenal Catnip, Tanaman Kesukaan Kucing yang Punya Segudang Khasiat

Catnip yang bernama latin nepeta cataria memang dikenal sebagai tumbuhan untuk stimulan kucing sebagai tanaman herbal abadi dari keluarga mint (labiateae).

Featured-Image
Tnaman Catnip yang digemari oleh kucing. Foto: Halodoc.

bakabar.com, JAKARTA - Pernahkah Anda melihat ada kucing yang tampak aktif, senang, atau justru jadi mengantuk dan tenang ketika menghirup catnip. 

Apa itu catnip dan bagaimana manfaatnya untuk kucing?

Catnip yang bernama latin nepeta cataria memang dikenal sebagai tumbuhan untuk stimulan kucing sebagai tanaman herbal abadi dari keluarga mint (labiateae). Nepetalactone merupakan salah satu bahan aktif yang terkandung di dalam ekstrak tanaman catnip.

Tanaman unik ini menghasilkan nepetalactone dalam umbi mikroskopis yang melapisi daun, batang, dan biji-bijiannya. Ketika umbi yang rapuh pecah, mereka melepaskan nepetalactone ke udara.

Oleh karena itu, tak heran bila kita menemukan kucing yang mengunyah tanaman. Hal ini mereka lakukan untuk melepaskan lebih banyak nepetalactone.

Catnip sendiri dapat tumbuh liar di seluruh negeri, bahkan di jalan raya meskipun berasal dari Eropa dan Asia. Untuk mengidentifikasinya, tanaman ini berwarna hijau keabu-abuan dengan daun berbentuk hati bergerigi dan batang tebal yang keduanya ditutupi bulu-bulu halus.

Manfaat Catnip untuk Kucing:

1. Mendorong Waktu Bermain

Mengutip petkeen.com, karena di alam bebas banyak predator atau satwa liar dan mobil yang melaju kencang, kucing liar cenderung memiliki rentang hidup yang lebih pendek daripada kucing peliharaan. Namun, meski kucing peliharaan dapat hidup lama dan nyaman, mereka tidak sebugar kucing liar secara fisik.

Jika kucing peliharaan tidak mendapatkan makanan dan olahraga yang benar, mereka bisa menjadi lesu dan obesitas. Memberikan catnip pada kucing yang malas dapat mengubah perilakunya dan mendorongnya untuk terlibat dalam waktu bermain.

Setelah mengumpulkan mainan kucing, taburkan catnip dalam mangkuk kecil dan letakkan di depan kucing Anda. Ketika Anda melihat perubahan perilaku kucing, gunakan tongkat, boneka tikus, atau mainan lainnya untuk menggiring kucing ke dalam sesi bermain yang penuh semangat.

Efek catnip dapat bertahan hingga sepuluh menit atau lebih, tetapi Anda harus menunggu setidaknya 30 menit setelah pemaparan pertama untuk mencoba lagi. Catnip dapat memberikan efek menyegarkan pada kucing Anda dan membantunya meningkatkan kebugaran fisiknya.

2. Memuaskan Kucing yang Bosan atau Bermasalah

Sebagian kucing tampak menyendiri dan kurang peduli untuk berinteraksi dengan manusia di sekitar rumah, berbeda dengan anjing yang gemar berinteraksi.

Namun, kucing yang penakut atau keras kepala sekalipun membutuhkan perhatian dan cinta. Kucing yang bosan akan menemukan cara untuk menghibur dirinya sendiri jika pemiliknya tidak ada di rumah.

Sayangnya, kucing yang terabaikan dapat melampiaskan agresinya pada barang-barang atau perabotan Anda.

Menaburkan catnip pada tiang garukan, pohon kucing, dan mainan lainnya dapat mencegah terjadinya perusakan barang dari kucing. Anda dapat menggunakan spray catnip untuk permukaan tertentu.

3. Mendorong Pelatihan pada Kucing

Kucing yang tidak terbiasa berada di dalam gendongan untuk janji temu dengan dokter hewan dapat dilatih dengan penggunaan catnip pada bagian dalam dan luar carrier untuk meyakinkan kucing bahwa tempat gendong tersebut tidak perlu ditakuti.

Seperti kebanyakan makhluk hidup, suntikan dan vaksinasi juga dapat menakutkan bagi kucing. Pemilik dapat memberikan catnip sebagai hadiah untuk meredakan kecemasan dan membuat kucing senang.

4. Menenangkan dan Meredakan Stres pada Kucing

Ketika kucing mengendus catnip, mereka menjadi bersemangat dan ceria. Namun, menelan ramuan ini dapat menghasilkan reaksi yang lain.

Menurut petkeen.com, catnip menghasilkan efek penenang dan beberapa kucing akan dengan senang hati tidur siang setelah memakan sebagian kecil dari catnip. Efek menenangkan ini sangat membantu kucing yang memiliki masalah kecemasan dan kucing yang baru saja pindah ke rumah baru karena proses pemindahan tersebut dapat menjadi pengalaman yang traumatis bagi kucing.

Kucing dikenal sebagai hewan yang tidak suka perubahan. Oleh karena itu, jika terjadi suatu perubahan, Anda dapat menaburkan atau menyemprotkan catnip ke beberapa bagian tempat tidur, mainan, dan tiang garukan kucing untuk meredakan kecemasannya.

5. Membuat Waktu Mandi Lebih Menyenangkan

Meski sejumlah kucing tidak bergerak ketika dimandikan, sebagian besar bertingkah layaknya cacing kepanasan. Hal ini dapat menimbulkan banyak cakaran dan gigitan pada lengan pemilik atau menimbulkan kekacauan lainnya. Ketika hal ini terjadi, catnip dapat ditambahkan ke dalam air mandi.

Air mandi yang hangat tidak cukup panas bagi catnip untuk meresap, tetapi Anda dapat membuat teh catnip dengan menambahkan satu sendok teh catnip kering ke dalam secangkir air mendidih.

Setelah dingin untuk beberapa menit, tambahkan cairan tersebut ke dalam air mandi. Aromanya akan menenangkan hewan yang gelisah dan juga dapat menenangkan kulit kering kucing. 

Editor


Komentar
Banner
Banner