Nasional

Mengambil Inspirasi Film Tegar, Siswa dan Guru di Kotabaru Diajak Nobar

Siswa dan guru sekolah dasar negeri (SDN) di Kotabaru diajak nonton bersama (nobar) film penuh inspirasi berjudul Tegar.

Featured-Image
Para guru dan pelajar Kotabaru ramai Nobar film inspiratif berjudul 'Tegar'. Foto : Apahabar.com/ Masduki

bakabar.com, KOTABARU - Siswa dan guru sekolah dasar negeri (SDN) di Kotabaru diajak nonton bersama (nobar) film penuh inspirasi berjudul Tegar.

Film Tegar mengisahkan tetang perjuangan seorang anak berkebutuhan khusus untuk bisa meraih impian dan cita-cita emasnya.

Tegar merupakan sosok seorang anak berusia 10 tahun sebagai penyandang disabilitas, dengan hanya memiliki satu kaki dan tanpa tangan.

Sosok Tegar diperankan oleh Muhammad Aldifi Tegar Rajasa. Perannya itu membawa penonton benar-benar merasakan apa yang dialami Tegar.

Tegar tidak pernah mendapatkan kasih sayang yang cukup dari orangtuanya. Ayah Tegar pergi meninggalkannya.

Sedangkan sang ibu, Wida yang diperankan Sha Ine Febriyanti, sibuk bekerja.

Satu-satunya orang yang menyayangi Tegar sepenuh hati hanyalah sang kakek yang diperankan Deddy Mizwar.

Suatu ketika, Tegar diharuskan menjalani kehidupannya seorang diri. Sang ibu harus bekerja di luar kota dan Teh Isy (Juanita Chatarina), perawat Tegar, terpaksa pergi meninggalkannya.

Meski memiliki keterbatasan, Tegar selalu berusaha untuk menjadi anak yang berprestasi dan membanggakan orang tua serta kakeknya.

Film itu dapat jadi inspirasi siswa dan guru SDN di Kotabaru. Karena itu mereka diajak anggota DPRD Kotabaru Gewsima Mega Putra nobar.

"Intinya untuk para pelajar dan guru dipersilakan nonton bareng, sebab kisahnya sangat inspiratif dan dapat memberikan motivasi yang cukup baik," ujar Putra, Selasa (20/9).

Pemilik New Star Cineplex (NSC) Kotabaru ini merasa gembira, para siswa dan guru antusias untuk menyaksikan film Tegar.

Salah seorang wali murid juga turut mendampingi putrinya nobar mengaku cukup senang bisa menyaksikan langsung film inspiratif tersebut.

"Di film itu kita mendapatkan arti hidup dan bagaimana menghargai sesama, serta cara bertahan hidup lalu berinteraksi dengan orang banyak dalam kondisi keterbatasan," ujar Isra, mama Risa dijumpai bakabar.com.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kotabaru Selamat Riyadi menuturkan film tersebut sangat inspiratif karena mengandung nilai pendidikan.

"Tentu film memberikan contoh bagi kita semua, bagaimana bersikap mendidik anak-anak berkebutuhan khusus maupun tidak, karena semua anak itu dilahirkan dengan kekurangan dan kelebihan," ucapnya.

Nobar film Tegar sebagai tindaklanjut Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kotabaru atas instruksi ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk menambah pengetahuan anak di luar akademik.

Editor


Komentar
Banner
Banner