tanah bumbu

Menelusuri Goa Liang Bangkai di Hari Kemerdekaan RI

apahabar.com, BATULICIN – Puluhan pelajar dan masyarakat di Kabupaten Tanah Bumbu memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia…

Featured-Image
Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Tanah Bumbu menggelar kegiatan susur Goa Liang Bangkai untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI. Foto-Istimewa

bakabar.com, BATULICIN – Puluhan pelajar dan masyarakat di Kabupaten Tanah Bumbu memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia dengan cara berbeda.

Dibanding merayakan dengan perlombaan seperti yang umum dilakukan masyarakat, mereka lebih memilih untuk menelusuri Goa Liang Bangkai, sebuah destinasi wisata bersejarah di Bumi Bersujud.

Windy, seorang pelajar mengungkapkan dirinya ikut ke Goa Liang Bangkai untuk memastikan tempat tersebut aman ditelusuri oleh para pelajar dan masyarakat secara umum.

Goa Liang Bangkai berada di Desa Dukuh Rejo, Kecamatan Mantewe. Kawasan itu berjarak kira-kira 50 kilometer dari pusat kota Kabupaten Tanah Bumbu.

Goa ini menyimpan banyak peninggalan yang diduga berasal dari manusia pra sejarah. Diketahui ada ratusan gambar hewan, termasuk dinosaurus dan burung enggang yang ada di dalam goa tersebut.

Selain Windy yang merayakan Hari Kemerdekaan di Goa Liang Bangkai, Vukalus, seorang pecinta alam juga merayakan hari kemerdekaan di sekitar gua tersebut.

“Memang saya sering nongkrong di gua ini,” kata Vukalus.

Begitu pun dengan Aris Purnomo yang juga merayakan HUT RI ke-75 di tempat yang sama. Seniman lukis Tanah Bumbu ini memiliki harapan besar agar Goa Liang Bangkai makin dikenal masyarakat luas.

“Saya kira potensinya besar sekali. Beberapa minggu laku saya juga sudah berkunjung ke sini. Dan mungkin nanti saya akan mengajak teman-teman untuk membuat acara kecil-kecilan di sini. Sekalian promosi,” ucapnya.

Kunjungan para pelajar dan masyarakat ke Goa Liang Bangkai itu masih dalam rangkaian kegiatan Wisata Pelajar Susur Goa Liang Bangkai yang diinisiasi oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Tanah Bumbu.

Mulanya, kegiatan yang digelar pada 16 sampai 17 Agustus akan diikuti oleh pelajar dari 13 kabupaten/kota di Kalsel. Namun, hal itu urung terjadi. Akhirnya peserta yang ikut dari wilayah Tanah Bumbu saja.

“Ini acara rutin kami,” sebut Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Tanah Bumbu, Hamaluddin Taher.

Dibukanya sejumlah tempat wisata di Tanah Bumbu itu untuk menggerakkan roda perekonomian masyarakat. Pembukaan lokasi wisata juga sudah ditegaskan dalam surat edaran Bupati yang dikeluarkan pada 1 Juli lalu.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lokasi itu, para peserta mengikuti rapid test sebelum berangkat. Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Tanah Bumbu juga membagikan masker, obat, vitamin, dan menyediakan alat cuci tangan kepada peserta susur Goa Liang Bangkai.

Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner