Piala Dunia 2022

Menang 1-0 atas Prancis, Tunisia Gagal Melangkah ke Babak 16 Besar

Prancis menutup laga fase grup dengan akhir yang kurang bahagia. Bermain dengan skuad lapis kedua, Prancis menelan kekalahan tipis 1-0 dari Tunisia.

Featured-Image
Menang 1-0 atas Prancis, Tunisia gagal melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: Twitter @tunisiefootball)

bakabar.com, JAKARTA - Prancis menutup laga fase grup dengan akhir yang kurang bahagia. Bermain dengan skuad lapis kedua, Prancis menelan kekalahan tipis 1-0 dari Tunisia.

Gol Tunisia dicetak oleh Wahbi Khazri di menit 58. Meski meraih kemenangan, Tunisia gagal melanjutkan perjalanannya ke fase knockout, akibat Australia berhasil mengalahkan Denmark di laga lain Grup D.

Tunisia harus puas berada di peringkat ketiga dengan koleksi 4 poin dari tiga laga, berada di bawah Australia dan pemuncak klasemen Prancis yang sama-sama mengumpulkan 6 poin.

Baca Juga: Gasak Denmark 1-0, Australia Wakil Asia Pertama yang Lolos ke Babak 16 Besar di Piala Dunia 2022

Jalannya Pertandingan

Sudah memastikan satu tempat di babak 16 besar, Didier Deschamps menurunkan pemain lapis kedua saat Prancis menghadapi Tunisia di laga terakhir Grup D.

Hal ini dilakukan oleh Deshcamps guna menjaga stamina para pemainnya jelang menghadapi fase knockout.

Salah satu pemain Prancis yang turun pada laga ini adalah penjaga gawang Steve Mandanda.

Menginjak usia 37 tahun 247 hari, Mandanda menjadi pemain tertua di skuad tim nasional Prancis pada Piala Dunia tahun ini.

Baca Juga: Polandia vs Argentina Bukan Ajang Lewandowski vs Messi

Namun kiper veteran Prancis itu harus memungut bola saat laga baru berjalan kurang dari 10 menit.

Berawal dari skema tendangan bebas Tchouameeni, Tunisia bisa memimpin jalannya laga melalui Ghandri, namun sayang gol tersebut dianulir wasit akibat offside.

Setelah golnya dianulir, pasukan Jalel Kadri menggemput pertahanan Prancis. Berbagai peluang tercipta di babak pertama, namun Tunisia dan juga Prancis belum mampu menjebol gawang tim lawan.

Memasuki babak kedua, tim nasional Tunisia yang sudah gagal lolos ke 16 besar bermain cukup apik.

Baca Juga: Cody Gakpo, Mesin Gol Muda Tim Nasional Belanda

Meski sudah memastikan kegagalan pada laga sebelumnya kontra Australia, Tunisia memiliki misi untuk mencicipi kemenangan pada laga terakhirnya di Qatar.

Alhasil, tim Elang Kartago, julukan tim nasional Tunisia akhirnya memecah kebuntuan pada menit 58.

Penyerang Wahbi Khazri melakukan sepakan datar usai meneruskan asistensi Aissa Laidouni yang tak mampu dihalau Mandanda, hingga membuat Tunisia unggul 1-0 sementara.

Ingin finish sebagai juara grup, Deschamps akhirnya menurunkan top skorer sementara Piala Dunia 2022, Kylian Mbappe dan Adrien Rabiot untuk membantu lini serang tim Ayam Jantan.

Kehadiran dua pemain tersebut, ditambah dengan Antoine Griezmann yang menyusul ke lapangan di menit 74 cukup menambah kekuatan Prancis di lini penyerangan.

Upaya Deschamps hampir berbuah bukti. Memasuki menit 82, Prancis membuat peluang lewat sepakan dari luar kotak penalty yang dilakukan Ousmane Dembele, namun masih terlalu lemah untuk ditangkap penjaga gawang Tunisia, Aymen Dahmen.

Tertekan sejak awal pertandingan, Prancis akhirnya menguasai permainan bola pada menit-menit terakhir laga.

Menit 88, Mbappe membuat peluang untuk menyamakan kedudukan, setelah menggiring bola ke dalam kotak penalti sebelum melesatkan tendangan kaki kiri yang masih ditepis Dahmen.

Semenit berselang, Dembela kembali membuat peluang dengan tendangan kaki kanan keras namun masih sedikit melebar di sisi kiri gawang Tunisia.

Antoine Griezmann hampir membuat skor menjadi sama kuat saat laga tersisa satu menit di babak tambahan. Namun sepakan voli Griezmann dianulir wasit akibat lebih dulu berada dalam posisi offside.

Prancis gagal mengejar angka, dan harus menutup laga fase grup D dengan kekalahan 1-0 dari Tunisia.

Meski menelan kekalahan, posisi tim nasional Prancis sebagai juara grup C tidak tergoyahkan.

Prancis berhak keluar fase grup dengan predikat juara berkat menang selisih gol dari Australia yang berada di posisi kedua, usai berhasil mengalahkan Denmark di partai lain grup D.

Sementara itu, meski meraih kemenanga atas Prancis, Tunisia belum bisa melaju ke babak selanjutnya karena masih berada di posisi ketiga dengan koleksi 4 poin dari tiga laga.

Informasi lengkap seputar Piala Dunia 2022 bisa diakses di sini

Editor


Komentar
Banner
Banner