News

Melongok Beda Smelter PT ABC dengan PTFI Manyar

Bukan cuma PT ABC, PT Freeport Indonesia (PTFI) rupanya juga bertekad merampungkan megaproyek smelter.

Featured-Image
Bukan hanya PT ABC yang getol membangun smelter.

bakabar.com, JAKARTA - Bukan cuma PT Anugerah Barokah Cakrawala (ABC), PT Freeport Indonesia (PTFI) rupanya juga bertekad merampungkan megaproyek smelter. Akhir tahun ini, megaproyek smelter Manyar di Gresik ditarget rampung 50 persen. 

"Smelter Gresik on target dan insyaallah di akhir Desember mencapai 50% konstruksinya," kata VP Government Relations PTFI Harry Pancasakti dikutip dari Kontan, Selasa (20/12).

Seluruh proses konstruksi bakal ditargetkan tuntas pada Desember 2023 mendatang. Selanjutnya, proses commissioning dan operasi dapat dimulai pada 2024.

Rampungnya megaproyek smelter PFTI, maka seluruh produksi konsentrat tembaga dapat dimurnikan di dalam negeri. Saat ini produksi Freeport Indonesia mencapai 200 ribu ton bijih tembaga per hari.

Sebanyak 40% dimurnikan PTFI di fasilitas smelter yang telah dimiliki. Sementara 60% sisanya masih diekspor. Kapasitas produksi pun ditargetkan meningkat pada tahun depan.

"Untuk 2023 ada peningkatan 10% jadi naik ke level 220 ribu ton bijih per hari yang ditambang dan diolah," terang Harry.

Smelter Manyar dirancang untuk memiliki kapasitas pengolahan konsentrat tembaga sebesar 2 juta ton per tahun.

Dengan kapasitas itu, Smelter Manyar disebut-sebut bakal menjadi tempat pengolahan tembaga terbesar di dunia.

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya: 

HALAMAN
12
Editor


Komentar
Banner
Banner