Max Verstappen

Max Verstappen Sukses Menjadi Juara Dunia Formula 1 Musim 2022

Pembalap Red Bull Racing Max Verstappen berhasil mengunci gelar juara dunia balap mobil Formula One (F1) pada GP Jepang di Sirkuit Suzuki.

Featured-Image
Max Verstappen berhasil menjadi juara dunia Formula 1, setelah hasil GP Jepang. (Foto: dok. PlanetF1)

bakabar.com, JAKARTA - Pembalap Red Bull Racing Max Verstappen berhasil mengunci gelar juara dunia balap mobil Formula 1 (F1) pada GP Jepang di Sirkuit Suzuki, Minggu (9/10).

Keberhasilan Vestappen menjadi juara ini menyusul nasib apes yang dialami pembalap Ferrari, Charles Leclerc yang terkena penalti karena dianggap keluar dari lintasan.

Verstappen mengaku senang dengan hasil positif yang didapatnya mengingat GP Jepang ini sempat diberhentikan sebanyak dua kali akibat cuaca yang buruk.

"Saya sangat senang dengan hasil ini, apalagi balapan berlangsung tidak mudah dengan cuaca hujan deras," kata Verstappen usai balapan.

Insiden Penalti Charles Leclerc

Leclerc terlibat duel sengit dengan Sergio Perez (Red Bull Racing) dalam 10 menit terakhir. Beberapa kali kedua pembalap nyaris bersenggolan, hingga di tikungan terakhir menjelang finis keduanya saling tempel memperebutkan posisi kedua.

Bagi Leclerc, meraih podium di posisi kedua merupakan harga mati. Dengan begitu dirinya masih berada di jalur perebutan gelar juara dunia melawan Verstappen.

Alhasil, Leclerc bisa menjaga posisinya saat mendapatkan tekanan hebat dari Perez. Sayangnya, mobil pembalap asal Monako itu keluar lintasan pada tikungan terakhir.

Akibat hasil itu, Leclerc yang sebenarnya berhasil finis di posisi kedua terkena hukuman pinalti 5 detik sehingga harus turun menjadi posisi ketiga.

Max Verstappen Juara Dunia

Dengan tambahan 25 poin ini, Verstappen kini mengumpulkan total 366 poin. Sedangkan Leclerc yang finis di posisi ketiga mendapatkan tambahan 15 poin (total saat ini 252 poin).

Sedangkan Perez di posisi kedua klasemen sementara dengan total 253 poin.

Dengan situasi di atas, Perez dan Leclerc tidak akan lagi mampu mengejar perolehan poin Verstappen di sisa empat seri terakhir.

Dengan hasil ini, pembalap asal Belanda itu memenangi gelar juara dunia keduanya secara berturut-turut.

Max Verstappen kini menyamai perolehan Fernando Alonso dengan mendapatkan dua kali juara dunia Formula 1.

Menjadi Juara di Markas Honda

Gelar juara dunia Verstappen ini juga terasa istimewa karena direbut di Grand Prix Jepang, markas Honda yang menjadi pemasok mesin bagi tim Red Bull Racing.

Di GP Jepang ini, Honda juga kembali menegaskan dukungannya untuk tim Red Bull dan AlphaTauri hingga musim 2025. Hal ini ditegaskan dengan pemasangan kembali logo Honda pada mobil Red Bull dan AlphaTauri di GP Jepang.

Klasemen Formula 1 Musim 2022

Berikut kasemen F1 setelah Grand Prix Jepang di Sirkuit Suzuki:

1. Max Verstappen 366 poin

2. Sergio Perez 253 poin

3. Charles Leclerc 252 poin

4. George Russell 207 poin

5. Carlos Sainz 202 poin

6. Lesiw hamilton 180 poin

7. Lando Norris 101 poin

8. Esteban Ocon 78 poin

9. Fernando Alonso 78 poin

10. Valtteri Bottas 46 poin

Editor


Komentar
Banner
Banner