Bisnis

Mau Terbang dari Teweh ke Palangka Raya? Cek Jadwalnya

Maskapai Smart Aviation resmi membuka layanan penerbangan subsidi rute Muara Teweh ke Palangka Raya di Kalimantan Tengah. Sementara itu maskapai pengganti Susi

Featured-Image
Pesawat maskapai Smart Aviation terbang perdana mendarat di Bandara Haji Muhammad Sidik Muara Teweh, Sabtu (14/1). Foto via Antara

bakabar.com, MUARA TEWEH - Smart Aviation resmi membuka layanan penerbangan subsidi rute Muara Teweh ke Palangka Raya di Kalimantan Tengah. Maskapai pengganti Susi Air tersebut juga mulai membidik sejumlah layanan penerbangan komersil. 

"Penerbangan yang mendapat subsidi dari Kementerian Perhubungan ini telah dibuka pada Kamis (19/1)," kata Kepala Bandara Haji Muhammad Sidik, Endang Setiawan di Muara Teweh dikutip dari Antara, Minggu (22/1). 

Penerbangan tersebut menggunakan pesawat jenis Cessna berpenumpang 12 orang. Dengan frekuensi dua kali dalam sepekan. Yakni setiap Selasa dan Kamis untuk rute Muara Teweh-Palangka Raya. Harga tiketnya berkisar Rp447.910 sedang rute sebaliknya Palangka Raya-Muara Teweh Rp477.910.

Baca Juga: Bandara Samarinda Buka Penerbangan Perintis Bersubsidi

Penerbangan Smart Aviation tersebut merupakan maskapai pengganti Susi Air yang melayani penerbangan dari dan ke Muara Teweh dan sejumlah kota di Kalteng

"Alhamdulillah tahun ini kita masih dapat frekuensi penerbangan bersubsidi sebanyak dua kali sepekan," katanya.

Penerbangan dari Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya berangkat sekitar pukul 07.20 WIB. Sedang dari Bandara Haji Muhammad Sidik Muara Teweh pada pukul 11.20 WIB.

Menurut Endang, maskapai Smart Aviation rencananya pada Februari 2023 akan melayani penerbangan komersil rute Muara Teweh-Balikpapan pulang pergi setiap Selasa dan Kamis.

Baca Juga: Rute Penerbangan Asing ke Bali Bertambah, Garuda Indonesia Layani dari Melbourne

"Untuk harga tiket pada rute tersebut kami masih belum mendapat informasi, kalau sudah ada nanti akan kita kabarkan," kata dia.

Bandara Haji Muhammad Sidik Muara Teweh selain penerbangan perintis, kini juga melayani penerbangan komersil. Yakni maskapai Wings Air dengan rute Muara Teweh-Banjarmasin setiap hari.

Seorang warga Muara Teweh, Nema meras dibukanya penerbangan perintis dan komersil ke daerah itu membantu warga karena selama ini transportasi udara merupakan jasa angkutan alternatif yang cepat, terutama di Kabupaten Barito Utara yang letaknya di pedalaman Kalteng.

"Kalau kami menggunakan angkutan darat, jarak tempuh ke Banjarmasin paling cepat sembilan jam, sedangkan Palangka Raya sekitar tujuh jam," katanya.

Editor


Komentar
Banner
Banner