Masjid Sheikh Zayed

Masjid Sheikh Zayed Solo Bakal Tanam Tanaman dalam Al-Qur'an

Masjid Sheikh Zayed bakal dihiasi 29 tanaman yang disebut dalam Al-Qur'an. Penamannya dilakukan dalam waktu dekat.

Featured-Image
Masjid Raya Sheikh Zayed. Foto: apahabar.com/Fernando

bakabar.com, SOLO - Masjid Sheikh Zayed bakal dihiasi 29 tanaman yang disebut dalam Al-Qur'an. Penamannya dilakukan dalam waktu dekat.

Tanaman itu di antaranya; jagung, zaitun, tin, jeruk, lemongrass, blackseed (habbatyssauda), lidah buaya, mentimun, safron, barley, basil dan black henna.

"Lalu gandum, qud, pisang, bawang putih, wijen, lentil, delima, anggur, semangka, bawang, labu, jahe, bitter aple,mustard, chard, leek hingga kurma," imbuh Direktur Operasional Masjid Sheikh Zayed, Munajat, Sabtu (8/7) siang.

Baca Juga: Peringati Hari Lingkungan Hidup, Kalsel Tanam 7.000 Bibit Mangrove

Kata dia, penanaman itu sebagai sarana edukasi. Semua tanaman nantinya bakal diberi keterangan. Plus ayat yang menyebutkannya. 

"Di surat apa, ayat berapa, maksudnya apa. Nanti penjelasannya kami kasih barcode. Untuk penjelasan lebih lanjut ke website," ungkapnya.

29 tanaman itu nantinya ditanam di pekarangan masjid. Bibitnya rata-rata didatangkan dari Indonesia.

Baca Juga: Masyarakat Gunungkidul Rintis Agrowisata Tanaman Semangka

"Masalahnya yang zaitun bisa muncul buahnya gak gitu. Pohonnya bisa, cuma berbuah kami belum tahu. Kami ini baru cari-cari yang terbaik," katanya.

Munajat mengaku, mereka terinspirasi dari Bustanul Quran. Suatu tempat di Dubai, Uni Emirat Arab. Di mana semua tanaman yang ada di dalam Al-Qur'an ditempatkan dalam sebuah kaca.

"Kita tinggal jatuhkan (tanam) bisa hidup sendiri. Kami bertahap nanti, ini sebagian sudah ditanam. Tin sudah kami tanam tapi belum kami kasih tulisan. Lokasi di sekitar masjid, untuk memperindah namun ada sisi edukasinya," tandasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner