Bisnis

Masih Ada SPBU Berlaku Curang, Begini Cara Sederhana Mengantisipasinya

Kecurangan yang dilakukan SPBU tentu sangat merugikan. Apalagi, bagi pengendara mobil pribadi atau angkutan umum yang biasanya membeli BBM dalam jumlah banyak.

Featured-Image
SEJUMLAH pengendara motor tengah mengisi bahan bakar di sebuah SPBU. (Foto: Antara)

bakabar.com, JAKARTA – Belum lama ini, Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyegel pom bensin ilegal di SPBU 34.41345 Jalan Tol Jakarta-Cikampek Rest Area KM 42, Wanasari, Telukjambe Barat, Karawang, Jawa Barat. Pom bensin tersebut menyimpan tambahan alat switch yang membuat jumlah takaran bahan bakar yang diisi ulang konsumen tidak sesuai dengan yang semestinya.


Sebenarnya, kasus pengelola SPBU Pertamina yang melakukan kecurangan dengan memodifikasi atau dengan menambahkan alat tambahan pada meteran dispenser sudah sering terjadi. Para pelakunya pun sudah mendapat sanksi. Namun, ternyata masih ada saja oknum pemilik dan petugas SPBU berbuat nakal, demi meraih banyak untuk dengan cara tidak halal.


Sebagai konsumen, terutama pemilik kendaraan, kecurangan yang dilakukan SPBU tentu sangat merugikan. Apalagi, bagi pengendara mobil pribadi atau angkutan umum yang biasanya membeli bahan bakar minyak (BBM) dalam jumlah banyak.


Berikut cara mengetahui dan menghindari SPBU bertindak curang seperti dilansir dari berbagai sumber, Selasa (26/3/2024):


1. Cek meteran awal

Cara pertama untuk mengantisipasi atau mengetahui SPBU curang adalah dengan memeriksa angka meteran di SPBU saat petugas mengisi BBM. Pastikan Anda tetep memeriksa angka meteran di mesin pengisian SPBU tersebut berawal dari angka O.


2. Cek meteran akhir

Selanjutnya jika selesai mengisi BBM, pastikan Anda juga mengecek posisi angka terakhir di mesin pengisian BBM tersebut sesuai dengan jumlah yang Anda beli.


3. Waspadai pengisian manual

Kebanyakan nozzle (ujung selang tempat keluarnya bensin) saat ini sudah otomatis sehingga bensin akan berhenti sesuai takaran. Namun tidak jika petugas-petugas masih pakai nozzle manual karena bisa saja tangan memberhentikan pengisian bensin sebelum waktunya.


4. Minta struk

Cara mengantisipasi atau mengetahui SPBU curang selanjutnya adalah dengan meminta struk atau bukti pembayaran. Semua keterangan jumlah pengisian bensin, harga asli, uang yang dibayarkan, termasuk kembalian yang harus dikeluarin SPBU bakal tertera di situ.


Itulah sejumlah cara sederhana untuk mengetahui sebuah SPBU kemungkinan berlaku curang atau tidak.(*)

Editor
Komentar
Banner
Banner