Sosok Wanita Inspiratif

Marie Van Brittan Brown: Sang Pencipta Sistem Keamanan Rumah Modern

Ada sosok perempuan dibalik penciptaaan salah satu teknologi kemanan rumah modern, CCTV. Perempuan tersebut bernama Marie Van Brittan Brown.

Featured-Image
Sosok Marie van Brittain Brown menciptakan keamanan rumah atau dikenal sebagai CCTV. Foto: timeline

bakabar.com, JAKARTA – Ada sosok perempuan dibalik penciptaaan salah satu teknologi keamanan rumah modern, CCTV. Perempuan tersebut bernama Marie Van Brittan Brown.

Lahir pada tahun 1922 di New York City, Amerika Serikat, Marie Van Brittan Brown dibesarkan di lingkungan yang banyak dipenuhi tindak kriminal. Hal itu mendorong Marie untuk untuk menciptakan teknologi keamanan pertama.

Pada tahun 1966, Marie bersama dengan sang suami, Albert Brown menciptakan sistem keamanan pertama untuk rumahnya. Sistem ituterdiri dari kamera, peepholes (lubang mata), dan monitor yang terhubung ke pintu masuk rumah.

Baca Juga: Menyusuri Perjalanan Hidup Buya Hamka: Sang Ulama dan Sastrawan

Tidak hanya itu, untuk menciptakan keamanan yang lebih ketat, Ia juga membuat mekanisme khusus untuk mengirim sinyal darurat ke polisi jika terjadi ancaman.

Tujuan utama sistem keamanan itu adalah untuk memberikan rasa aman kepada warga yang tinggal di lingkungan rawan kejahatan. Marie ingin teknologi yang dapat membantu seseorang untuk melihat setiap orang yang berdiri di depan pintu pemilik rumah tanpa perlu membukanya.

Hal itu akan membantu pemilik rumah sehingga dapat menghindari atau bahkan mengantisipasi bila terjadi situasi berbahaya.

Pada tahun 1969, Marie Van Brittan Brown dan suaminya menerima paten untuk sistem keamanan tersebut. Paten itu diberikan dengan nama "Home Security System Utilizing Television Surveillance."

Baca Juga: Marah Rusli: dari Dokter Hewan jadi Sastrawan

Penemuan Marie Van Brittan Brown menjadi landasan bagi perkembangan teknologi keamanan modern, seperti kamera pengawas, sistem alarm rumah, dan sistem pengawasan video.

Inovasinya telah membantu banyak orang merasa untuk memberi kenyamanan dan keamanan lebih di dalam rumah. Sampai saat ini, penemuan sederhana Brown berkembang menjadi CCTV yang kita kenal.

Marie Van Brittan Brown adalah contoh nyata dari bagaimana seseorang dapat menggunakan kreativitas dan inovasi untuk meningkatkan keamanan dan kualitas hidup orang banyak. Kisah hidupnya mengilhami banyak orang untuk terus mencari solusi inovatif untuk masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Editor


Komentar
Banner
Banner