Nasional

Mardani H Maming, Bendahara Umum PBNU Pertama dalam Sejarah Kalsel

apahabar.com, BANJARMASIN – Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Mardani H Maming dipercaya menjabat sebagai…

Featured-Image
Akrab dengan ulama, Ketum HIPMI Mardani H Maming diapit Habib Syech dan Guru Udin Samarinda. Foto-Andre for apahabar

bakabar.com, BANJARMASIN – Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Mardani H Maming dipercaya menjabat sebagai bendahara umum di Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) 2022-2027.

Mantan Bupati Tanah Bumbu itu menjadi bendahara umum pertama PBNU dari Kalimantan Selatan, meski sebelumnya juga ada sejumlah nama yang menempati posisi strategis di kepengurusan ormas terbesar di Indonesia itu.

Sekretaris Pengurus Wilayah NU Kalsel, Berry Nahdian Furqan menilai Mardani H Maming memang layak menduduki jabatan tersebut.

Pertama, ketokohannya sudah tidak diragukan. Mardani sukses menjabat sebagai Bupati Tanah Bumbu dua periode. Karir organisasinya juga sangat luas.

Apalagi saat ini Mardani menjabat sebagai Ketua Umum HIPMI, organisasi pengusaha muda yang tak sembarang orang bisa mendudukinya.

“Kami senang sekali. Tentu harapannya lewat beliau bisa membawa aspirasi daerah di ranah pusat," ucap Berry.

Munculnya nama Mardani H Maming pada kepengurusan PBNU 2022-2027 tak lepas dari usulan PWNU Kalsel.

Ketua PWNU Kalsel KH Abdul Hasib Salim terpilih sebagai salah satu formatur yang turut menentukan komposisi struktur PBNU ke depan dalam Muktamar ke-34 kemarin.

Menengok sejarah, warga Banua memang sudah akrab dengan kepengurusan PBNU. Nama yang masyhur adalah Kiai Idham Chalid yang lahir di Satui.

Kiai Idham Chalid menjabat sebagai Ketua Umum PBNU selama 28 tahun, dari 1956-1984 sebelum digantikan Gus Dur.

Nama lain yang tak bisa dilepaskan dari kepengurusan ini adalah Tuan Guru Sekumpul atau Syekh Zaini bin Abdul Ghani yang pernah menjabat sebagai mutasyar atau dewan penasihat PBNU periode 1994-1999.

Tokoh lainnya yang pernah masuk ke struktur PBNU adalah Ketua DPD Partai Gerindra Kalsel, Abidin. Dia menjabat sebagai Wakil Bendahara Umum periode 2010-2020 di masa kepemimpinan KH Said Aqil Siradj.

Sebelumnya, Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf mengumumkan nama-nama pengurus pusat PBNU. Nama politikus PDIP Mardani H Maming menjadi bendahara umum PBNU periode 2022-2027.

“Bendahara Umum Haji Mardani H Maming,” kata Gus Yahya di kantor PBNU, Jl Kramat Raya Jakpus, Rabu (12/1/2022).

Gus Yahya juga mengumumkan nama-nama pengurus seperti para wakil ketua umum. Ada nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa hingga Alissa Wahid sebagai ketua bidang. Nama politikus Golkar Nusron Wahid juga menjadi Waketum PBNU.

Komentar
Banner
Banner