Euro 2024

Marco Materazzi Ungkap Italia Sulit Pertahankan Gelar Euro

Legenda Sepakbola Italia, Marco Materazzi mengungkapkan kesulitan Gli Azzuri untuk mempertahankan gelar Juara Euro 2020 yang mereka dapatkan.

Featured-Image
Marco Materazzi dan Carles Puyol saat menghadiri acara Media day. Foto: apahabar.com/Tegar.

bakabar.com, JAKARTA – Legenda Sepakbola Italia, Marco Materazzi memprediksi Gli Azzuri bakal sulit mempertahankan gelarnya di Euro 2024.

Mantan pemain Inter Milan itu menilai kehilangan dua pilar andalan timnas Italia yakni Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini akan menjadi salah satu faktor.

Sebab saat Italia meraih sukses menjadi juara Euro 2020, dua bek veteran itu punya andil besar khususnya di lini belakang.

Baca Juga:Daftar Lengkap Tim Lolos 16 Besar Liga Europa 2023/2024

“Banyak pemain lama sudah tidak bermain seperti Bonucci dan Chiellini yang sangat menentukan (dampak besar) pada Euro sebelumnya," kata Materazzi di depan awak media, Senin (18/12).

Selain itu, perubahan pelatih dari Roberto Mancini ke Luciano Spalletti menjadi faktor lain yang membuat Italia diperkirakan sulit mempertahankan gelar.

Sebab para pemain harus beradaptasi dengan pelatih baru, mengingat Spalletti baru menahkodai Italia per 1 September 2023 lalu.

Baca Juga: Hasil Undian Euro 2024: Italia Gabung Spanyol di Grup Neraka

Ia juga baru memainkan beberapa pertandingan di kualifikasi Euro 2024. Namun prestasinya membawa Napoli menjadi Juara Serie A menjadi salah satu modal penting.

“Sekarang juga pelatihnya baru dan belum bermain di (kompetisi) Euro, tetapi dia sangat bagus (menjadi pelatih) di Liga Italia. Mudah-mudahan masih bisa mempertahankan gelar juara," ucap Materazzi.  

Disisi lain, Materazzi menilai kepribadian Mancini dan Spalletti sangat berbeda. Begitu juga dengan filosofi dan gaya permainan yang akan mereka terapkan ke anak asuhnya.

Baca Juga: 20 Negara Lolos ke Euro 2024, Tiga Slot Ada di Babak Play Off

“Spalletti sejak dulu selalu ingin menjadi pelatih (timnas) Italia dan terdapat dua pemain yang pernah bekerja sama sehingga bisa mempermudah untuk mengikuti gaya permainannya,” sambungnya.

Sementara itu, Materazzi mengatakan harus mewaspadai performa timnas Prancis di Euro 2024 mendatang. Sebab tim keduanya memiliki kualitas yang sama dengan skuat utama mereka. 

"Prancis tim yang cukup baik, (dalam satu tim) bukan hanya satu skuat tetapi ada dua atau tiga, jadi siapa saja yang main pastinya (tampil) sangat baik," ungkap pria 50 tahun.

Editor


Komentar
Banner
Banner