Sport

Marc Marquez Terlibat Insiden, Bagnaia Menangi MotoGP Portugal 2023

Tampil brilian sejak sprint race, Francesco Bagnaia juga memenangi balapan utama MotoGP Portugal di Sirkuit International Circuit Portimao, Minggu (26/3) malam

Featured-Image
Insiden tabrakan Marc Marquez dengan Miguel Oliveira di lap-lap awal MotoGP Portugal, Minggu (26/3). Foto: CNN

bakabar.com, ALGARVE - Tampil brilian sejak sprint race, Francesco Bagnaia juga memenangi balapan utama MotoGP Portugal di Sirkuit International Circuit Portimao, Minggu (26/3) malam Wita.

Ketika balapan dimulai, sejumlah kontak terjadi di tikungan-tikungan awal. Marc Marquez yang start terdepan, kehilangan posisi dan melorot ke urutan keempat.

Sedangkan Miguel Oliveira memimpin balapan, disusul Jorge Martin dan Francesco Bagnaia. Namun di lap 2, Bagnaia menyodok ke posisi terdepan dan menyusul Miguel Oliveira.

Insiden terjadi di lap 3, ketika Marc Marquez kehilangan keseimbangan dan sempat menyenggol Jorge Martin.

Jorge Martin berhasil selamat dari kecelakaan, tetapi Marquez terus meluncur dan menabrak Miguel Oliveira yang tengah menikung.

Akibatnya Marquez dan Oliveira terjatuh, sekaligus tak mampu melanjutkan balapan. Tak lama kemudian, yellow flag pun berkibar.

Jorge Martin yang selamat dari insiden itu, tercecer jauh keluar sepuluh besar ketika balapan memasuki lap 8.

Adapun Francesco Bagnaia masih nyaman memimpin di depan. Pemilik gelar juara bertahan ini unggul 0,3 detik atas Maverick Vinales di posisi kedua.

Sementara dua pembalap Yamaha, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli, tidak bisa berbuat banyak untuk menembus lima besar.

Memasuki lap 13, Maverick Vinales berhasil menipiskan jarak dengan Francesco Bagnaia hingga 0,7 detik.

Diketahui Bagnaia menggunakan sepasang ban medium, sedangkan Vinales menggunakan komposisi ban depan keras dan ban medium di belakang.

Menjelang 10 lap terakhir, belum terjadi manuver lanjutan di posisi lima besar. Setelah Bagnaia dan Vinales, posisi berikutnya ditempati Marco Bezzecchi, Alex Marquez dan Jack Miller.

Gebrakan dilakukan Brad Binder yang semula berada di posisi keenam. Pembalap KTM ini merebut posisi keempat di lap 22 dengan menyusul Jack Miller dan Alex Marquez.

Namun Alex Marquez berhasil mengambil alih posisi keempat di lap sepanjutnya. Tidak demikian dengan Jack Miller yang tertahan di urutan enam.

Duel memperebutkan peringkat empat ini berlangsung hingga lap terakhir, setelah Johan Zarco tiba-tiba menyodok ke peringkat lima.

Akhirnya hingga bendera finish dikibarkan, Johan Zarco mampu menyabet peringkat keempat dengan menyalip Alex Marquz.

Sementara Francesco Bagnaia, mempertahankan posisi terdepan hingga balapan berakhir, diikuti Maverick Vinales dan Marco Bezzechi.

Editor


Komentar
Banner
Banner