Sport

Marc Marquez Absen di Seri Pembuka MotoGP, Honda Panggil Stefan Bradl

apahabar.com, JAKARTA – Setelah memastikan Marc Marquez absen di seri pembuka MotoGP 2021, Honda Racing Company…

Featured-Image
Sembari menjadi tes rider, Stefan Bradl sementara menggantikan Marc Marquez sebagai pebalap utama Repsol Honda. Foto: Crash

bakabar.com, JAKARTA – Setelah memastikan Marc Marquez absen di seri pembuka MotoGP 2021, Honda Racing Company (HRC) akhirnya memanggil Stefan Bradl sebagai pengganti.

Sebelum dipastikan absen, Marc Marquez sebenarnya memperlihatkan potensi kembali membalap di seri pembuka yang berlangsung di Qatar.

Marc Marquez di antaranya sudah berlatih menggunakan motor Honda RC213V-S di Sirkuit Catalunya dan Portimao. Pun garasi dengan nama Marc Marquez telah disiapkan di Sirkuit Losail.

Sementara dalam tinjauan medis yang dilakukan tim dokter, pemulihan Marc Marquez menunjukkan progres membaik.

Namun atas berbagai pertimbangan, Honda menunda partisipasi Marc Marquez di seri pembuka, Senin (29/3), bahkan seri kedua sepekan berselang.

Dengan mempertimbangkan periode dan keadaan proses konsolidasi tulang, Honda tidak menginginkan Marc Marquez buru-buru kembali ke lintasan.

Diperkirakan pebalap Repsol Honda itu baru bisa mengaspal di seri ketiga yang berlangsung di Portugal, atau setelah menjalani pemeriksaan ulang.

Untuk menggantikan Marc Marquez di dua seri awal MotoGP, Honda memanggil test rider Stefan Bradl.

Pilihan Honda dinilai tepat, mengingat Stefan Bradl sudah menjajal Honda RC213V versi 2021 dalam dua sesi tes di Qatar.

“Kami menjalani tes yang baik dan semoga bisa mendapatkan hasil bagus dalam balapan pertama di musim 2021,” ungkap Stefan Bradl seperti dilansir Motorsport, Rabu (24/3).

Sebelumnya Stefan Bradl menggantikan Marc Marquez hampir sepanjang musim 2020, tepatnya sejak MotoGP Republik Ceko.

Dari 12 kali penampilan, pebalap kelahiran Jerman itu mencatatkan hasil terbaik finis ketujuh di Portugal, serta kedelapan di Prancis.

Uniknya keputusan HRC menempatkan Stefan Bradl kembali menjadi pengganti Marc Marquez, diprotes sejumlah tim.

Penyebabnya Repsol Honda dianggap sudah seperti tim pabrikan berkonsesi seperti Aprilia, karena menempatkan Stefan Bradl sebagai test rider sembari balapan.

“Saya senang sudah dipastikan tampil dalam dua seri awal MotoGP. Sejujurnya setelah sesi tes awal musim, saya sedikit cemas,” papar Bradl.

“Saya siap mengemban tugas itu dan berharap Marquez kembali di waktu yang tepat. Bagaimanapun Honda sangat membutuhkan seorang juara dunia,” tandasnya.

Sepanjang 2020 tanpa Marquez, Honda puasa kemenangan. Catatan terbaik mereka hanya dua podium yang diraih Alex Marquez.



Komentar
Banner
Banner