PEVS 2023

Manfaatkan Subsidi, Pameran PEVS 2023 Bakal Digelar 17-21 Mei

Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 akan digelar pada 17-21 Mei 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Featured-Image
Modifikasi Wuling Air ev. (Foto: apahabar.com/Aditama)

bakabar.com, JAKARTA - Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 akan digelar pada 17-21 Mei 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. 

"Penyelenggaraan PEVS 2023 menjadi momentum yang tepat, baik bagi pelaku bisnis untuk menyampaikan literasi mengenai kendaraan listrik itu sendiri, serta bagi masyarakat yang minat untuk memiliki kendaraan listrik," ujar Ketua Umum Periklindo, Moeldoko, Jumat (24/3).

Ia berkata pameran PEVS 2023 perlu dimanfaatkan oleh masyarakat terkait hadirnya subisidi pembelian kendaraan listrik dari pemerintah untuk mempercepat ekosistem kendaraan listrik.

"Kami juga mendukung pemerintah dalam Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dengan memberikan ruang temu bagi pemerintah dan pemangku kepentingan, antara pelaku bisnis dengan pelaku bisnis lainnya dan tentunya kepada konsumen," imbuhnya.

Baca Juga: Lewat PEVS 2023, Periklindo Gencarkan Perkembangan Kendaraan Listrik

Sebagaimana diketahui, pada tanggal 20 Maret, pemerintah mengumumkan besaran subisidi untuk kendaran listrik di Indonesia.

Hal tersebut sejalan dengan dengan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

Saat ini terdapat tujuh insentif khusus kendaraan listrik yang diberikan oleh pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Ketujuh insentif tersebut yaitu tax holiday hingga 20 tahun, super tax deduction hingga 300 persen, bebas Pajak Pertambahan Nilai (PPN) atas barang tambang, Bebas PPN atas impor dan perolehan barang modal, Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil listrik dalam negeri termasuk program Kemenperin dengan tarif 0 persen.

Baca Juga: Subsidi Resmi Diberikan, KPBB: Motor Listrik Tak Bergantung SPKLU

Tak hanya itu terdapat pula bea masuk 0 persen MKD melalui berbagai kerja sama FTE dan CEPA, dan biaya balik nama dan pajak kendaraan bermotor sebesar 90 persen.

Lebih lanjut, Pemerintah juga memberikan bantuan untuk konversi motor listrik dan pembelian baru dengan subsidi pembelian sebesar Rp7 juta per unit.

Sayangnya, untuk subsidi mobil listrik diundur Pemerintah hingga 1 April kendati masih butuh pengkajian yang lebih detail.

Sebagai informasi, perhelatan PEVS tahun lalu mampu menjaring total hingga 40.000 pengunjung selama pameran berlangsung.

Baca Juga: Harap Bersabar! Subsidi Mobil Listrik Diundur Jadi 1 April 2023

Oleh karena itu, Periklindo bersama Dyandra Promosindo akan menggelar serangkaian pre-event PEVS 2023.

Kegiatan pre-event tersebut adalah program talkshow dengan beragam narasumber yang terdiri dari peserta PEVS 2023.

Karena hal tersebut, penyelenggaraan PEVS 2023 ditargetkan menjadi salah satu media yang efektif dalam membantu mensosialisasikan berbagai insentif kebijakan pemerintah terkait kendaraan listrik kepada masyarakat umum.

Editor
Komentar
Banner
Banner