Penjualan UMKM

Maksimalkan Penjualan, UMKM Perlu Manfaatkan Platform Digital

CEO PT Netup Teknologi Indonesia Christian Santoso menjelaskan pelaku UMKM harus memanfaatkan semua plaform digital untuk bisa meningkatkan penjualan.

Featured-Image
Ilustrasi pemanfaatan platform digital untuk UMKM. (Foto: Antara)

bakabar.com, JAKARTA – CEO PT Netup Teknologi Indonesia Christian Santoso menjelaskan pelaku UMKM harus memanfaatkan semua platform digital untuk bisa meningkatkan penjualan.

“Banyak dari kita sudah menggunakan Instagram atau Tokopedia dan mungkin sudah dapat banyak konsumen dari situ. Lalu kenapa hanya terpaku hanya 1 platform?,” ujarnya dalam webinar Meningkatkan Omzet dengan Teknik Digital Marketing yang Tepat, Kamis (20/10).

Dirinya mencontohkan penjualan yang dilakukannya dari Tokopedia sudah bisa mendapatkan 20 pelanggan. Sedangkan dari Instagram mendapatkan 10 pelanggan. Dengan memanfaatkan multi platform, terdapat kemungkinan akan semakin bertambah pelanggan yang didapat.

Baca Juga: Bisnis Kedai Teh Dinilai Cerah di Tengah Menjamurnya Bisnis Kafe Kopi

Menurutnya penting memiliki pemikiran bahwa platform yang tersedia sekarang adalah sales yang akan membantu pelaku usaha untuk semakin berkembang.

“Jadi platform digital yang paling tepat adalah sebanyak mungkin dan website adalah dasarnya yang kita harus punya,” ujarnya.

Karena itu, website menjadi sangat penting sebagai pusat dari rumah usaha. Sedangkan platform digital lainnya seperti Tokopedia, Shoppe, Facebook adalah pendukungnya. Jika terjadi sesuatu kepada salah satu pendukung tersebut maka pelanggan tetap dapat mencari usaha melalui website.

Baca Juga: Mau Beri Gratis Ongkir? Simak Tips Agar Tidak Salah Memilih Ekspedisi

Ia memberikan contoh ketika pada tahun 2017 Facebook dan Instagram hampir ditutup pemerintah karena banyaknya isu negatif. Jika saat itu pelaku usaha hanya mengandalkan 1 platform saja, maka kondisi tersebut akan mempesulit usahanya.

“Sedangkan website dari kita lahir sampai sekarang tidak pernah bisa ditutup karena itu bentuk dari rumah,” ungkapnya.

Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh pelaku usaha UMKM dengan adanya website, seperti memberi value lebih karena terlihat lebih profesional. Hal itu bisa mengubah pandangan konsumen dari yang sebelumnya melihat produk tersebut lebih mahal menjadi biasa saja.

Baca Juga: Bea Cukai Kembangkan Fasilitas Konsultasi Ekspor untuk UMKM

“Kita sudah membantu ratusan UMKM untuk memiliki websitenya dan feedback dari mereka salah satunya adalah sekarang jarang ada yang nego lagi,” terangnya.

Selain itu, dengan adanya website akan memudahkan konsumen untuk menemukan produk atau layanan yang dicari secara lebih cepat dan praktis.

“Semua sudah go digital, kita cari dokter, asuransi, tempat nongkrong semuanya lewat Google. Jadi tips dari saya pakailahlah platform sebanyak mungkin dan website adalah yang nomor satu,” tutupnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner