Pemkab Banjar

Makin Manis, Berikut Pencapaian dan Penghargaan Pemkab Banjar Tahun 2023

Pencapaian dan penghargaan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar dibawah pimpinan Bupati H Saidi Mansyur dan wakilnya Said Idrus Al-Habsyie.

bakabar.com, MARTAPURA - Memasuki tahun ketiga, Pemerintah Kabupaten Banjar di bawah pimpinan Bupati H Saidi Mansyur dan wakilnya Said Idrus Al-Habsyie telah memperlihatkan progres pembangunan di berbagai sektor. Sesuai komitmennya yang dituangkan dalam visi misinya menjadikan Kabupaten Banjar yang Maju Mandiri dan Agamis (Manis).

Dalam mencapai prestasi dan target pembangunan itu, Bupati Saidi Mansyur mengakui dalam kepemimpinannya menghadapi tantangan dan dinamika sangat beragam. Salah satunya pandemi Covid-19 yang bikin perekonomian anjlok.

"Sesuai tema, Banjar Bangkit Tangguh Bersama Masyarakat. Kami berkomitmen melakukan pembangunan yang berkelanjutan dan merata demi kesejahteraan masyarakat," ucap Saidi dalam momen Harjad ke-73 Pemkab Banjar pada akhir Agustus lalu.

Kebangkitan itu terbukti dengan sejumlah pencapaian. Di antaranya, peningkatan ekonomi mencapai 4,48 persen pada tahun 2022 di lima sektor utama, pasca-covid-19.

Peningkatakan ekonomi dan memberikan kontribusi signifikan terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), yaitu sektor pertambangan, pertanian, perdagangan besar dan eceran, konstruksi, serta industri pengolahan.

Tantangan baru dihadapi pada 2023, di mana Kabupaten Banjar mengalami kenaikan Inflasi sebesar 4,38 persen secara Year-on-Year (YoY). 

Demi mengendalikan inflasi itu, Pemkab Banjar melakukan enam upaya konkret, antara lain, pasar murah, mengontrol harga, kerjasama dengan pemerintah daerah tetangga, gerakan menanam cepat panen, bantuan sosial, dan dukungan transportasi.

Kemudian di sektor infrastruktur, Pemkab Banjar punya catatan manis. Pada tahun 2022 jalan mantap di Kabupaten Banjar sudah sepanjang 1.194,60 km. Ini sudah  61,44 persen dari target capaian, yang akan diselesaikan 100 persen hingga akhir jabatan. Adapun jalan yang telah diperbaiki dari panjang jalan sebesar 1.944,45 Km. 

Adapun untuk jalan baru yang direncanakan dibangun sepanjang 100 kilometer dan 10 unit jembatan, telah terealisasi sepanjang 97,15 km dan 9 unit jembatan.

Peningkatan akses layanan air minum perpipaan ditarget 10.000 sambungan rumah, telah tercapai 9.838 sambungan rumah pada periode  2021-2022. 

Pencapaian ini di antaranya melalui proyek prioritas Pengembangan Jaringan SPAM (Pipanisasi dan SR) dan Peningkatan SPAM Jaringan Perpipaan, sedangkan peningkatan akses layanan air minum non perpipaan ditargetkan 100 unit, sampai dengan tahun 2022 mencapai 30 unit.

Adapun peningkatan akses layanan air minum perpipaan dengan target sebesar 10.000 sambungan rumah, telah tercapai 9.838 sambungan rumah pada periode  2021-2022. 

Di sektor perumahan melalui proyek strategis fasitilasi penyediaan rumah umum telah mencapai 5.140 unit melebihi dari target sebesar 1.000 unit. Termasuk di antaranya rehabilitasi rumah korban bencana sebanyak 30 unit, Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sebanyak 1.362 unit, BSPS Satker penyediaan perumahan sebanyak 150 unit dan rehabilitasi rumah tidak layak huni sebanyak 14 unit.

Dalam penataan kota, dilakukan revitalisasi Kawasan Religius Sekumpul Segmen I melalui Program Penataan Bangunan dan Lingkungan yang difokuskan pada penataan pedestrian serta perbaikan drainase.  

Pencapaian ini di antaranya melalui proyek prioritas Pengembangan Jaringan SPAM (Pipanisasi dan SR) dan Peningkatan SPAM Jaringan Perpipaan, sedangkan peningkatan akses layanan air minum non perpipaan ditargetkan 100 unit, sampai dengan tahun 2022 mencapai 30 unit.

Di sektor perumahan melalui proyek strategis fasilitasi penyediaan rumah umum telah mencapai 5.140 unit melebihi dari target sebesar 1.000 unit. termasuk di antaranya rehabilitasi rumah korban bencana sebanyak 30 unit, Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sebanyak 1.362 unit, BSPS Satker penyediaan perumahan sebanyak 150 unit dan rehabilitasi rumah tidak layak huni sebanyak 14 unit.

Dalam penataan kota, dilakukan revitalisasi Kawasan Religius Sekumpul Segmen I melalui Program Penataan Bangunan dan Lingkungan yang difokuskan pada penataan pedestrian serta perbaikan drainase.  

Sedangkan pengurangan kawasan kumuh berdasarkan SK Kumuh Tahun 2020 dengan total luas kawasan kumuh sebesar 343,03 Ha, pada 2022 tertangani seluas 14,17 Ha. Total pengurangan kumuh yang telah dilaksanakan dari 2020 sampai 2022 sebesar 45,03 Ha. 

Di antaranya penataan Kawasan Air Santri di Desa Murung Kenanga Kecamatan Martapura. Peningkatan kinerja irigasi mendukung kenaikan produktivitas pertanian, melalui kegiatan rehabilitasi jaringan irigasi dilakukan pemeliharan sepanjang 185.048 m pada tahun 2021 sampai 2022.

Dalam penanganan sektor persampahan pada proyek prioritas penyediaan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) hingga tahun 2022 tersedia sebanyak 29 unit.

Kabupaten Banjar meraih sejumlah pencapaian pembangunan indeks Pembangunan Manusia pada tahun 2021 berada pada angka 69,89 persen dan meningkat menjadi 70,72 persen pada tahun 2022 (visual diagram angka IPM).

Peningkatan ini tidak terlepas dari beberapa proyek prioritas Bupati Banjar antara lain:

Penurunan Prevalensi Stunting dari tahun 2021 sebesar 40,2 persen turun menjadi 26,4 persen.

Perluasan layanan dan akses cakupan kesehatan semesta (UHC) sampai dengan saat ini telah mencapai 73,80 persen.

Peningkatan  kesejahteraan tenaga pendidik (formal/ non formal) melalui sertifikasi  guru  telah mencapai 96,53 persen dari target yang direncanakan. 

Peningkatan kesejahteraan guru  agama melalui pemberian insentif kepada 5.860 orang guru.

Tingkat Kemiskinan di Kabupaten Banjar menempati urutan terbaik dengan tingkat persentase kemiskinan paling rendah se-Provinsi Kalimantan Selatan, yaitu di angka 2,79 persen.

Dari segi ketimpangan pendapatan, Indeks Gini Kabupaten Banjar berada pada angka 0,300 persen terendah dalam 1 dekade terakhir.

Perluasan layanan dan akses cakupan kesehatan semesta (UHC) sampai dengan saat ini telah mencapai 73,80 persen.

Peningkatan kesejahteraan tenaga pendidik (formal/ non formal) melalui sertifikasi  guru  telah mencapai 96,53 persen dari target yang direncanakan. 

Peningkatan kesejahteraan guru  agama melalui pemberian insentif kepada 5.860 orang guru Tingkat Kemiskinan di Kabupaten Banjar menempati urutan terbaik dengan tingkat persentase kemiskinan paling rendah se-Provinsi Kalimantan Selatan, yaitu di angka 2,79 persen.

Dari segi ketimpangan pendapatan, Indeks Gini Kabupaten Banjar berada pada angka 0,300 persen terendah dalam 1 dekade terakhir.

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada tahun 2022 sebesar 2,72 persen, menunjukkan tren positif dibandingkan tahun 2021 yang mencapai 3,9 persen. 

Faktor tersebut didorong oleh program prioritas Bupati Banjar dalam penyediaan 15.000 pelatihan kerja dan penciptaan 15.000 lapangan kerja hingga tahun 2023 telah mencapai 12.380 pelatihan atau mencapai 82,53 persen dari target yang ditetapkan.

Seluruh pencapaian tersebut di topang oleh pemerintah Kabupaten Banjar yang dipimpin Bupati Banjar H. Saidi Mansyur melalui Inovasi “Kurma Manis” yaitu pemberian bantuan kredit usaha rakyat dengan bunga 0 persen kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).      

Kerjasama antara Kabupaten Banjar dan PT Bank Perekonomian Rakyat telah berhasil menyalurkan dana sebesar 5 Miliar untuk mendukung UMKM.

Masih Saidi, dalam beberapa tahun terakhir, Kabupaten Banjar telah mencatat pertumbuhan luar biasa dalam sektor pariwisata. Angka kunjungan wisatawan menjadi cerminan daya tarik unik di Kabupaten Banjar. 

Pada tahun 2021 angka kunjungan sebesar 252.446, mengalami lonjakan signifikan pada tahun 2022 dengan 2.105.446 kunjungan, dan pada tahun 2023 dengan angka kunjungan  2.334.777.

Peningkatan hasil produksi perikanan budidaya mencapai 48.000 ton pada tahun 2023.

Angka ini mengalami pertumbuhan signifikan sebesar 15,55 persen dibandingkan dengan tahun 2021 yang mencapai 41.539 ton. 

Kenaikan ini mencerminkan perkembangan positif dalam sektor perikanan budidaya, yang memberikan dampak positif terhadap ketahanan pangan dan ekonomi wilayah. 

Prestasi dan Penghargaan

Selain pencapaian program, Pemerintah Kabupaten Banjar juga dianugerahi seabrek penghargaan. Sepanjang tahun 2023 penghargaan tingkat nasional berhasil disabet, disertai puluhan inovasi daerah diluncurkan.

Berikut penghargaan Pemkab Banjar tingkat Nasional:

Adipura 2022

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutan (LHK), Siti Nurbaya Bakar didampingi Dewan Pertimbangan Adipura menyerahkan penghargaan Adipura tahun 2022 kepada Pemkab Banjar yang diterima Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al-Habsyie, di Jakarta Pusat, Selasa (28/2/2023).

Penghargaan Adupura itu atas kinerja Pemkab Banjar dalam pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau wilayah kota tahun 2022.

Penghargaan Manggala Karya Kencana untuk Ketua TP PKK Banjar

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar, Hj Nurgita Tiyas menerima penghargaan Manggala Karya Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI.

Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo, menyerahkan langsung penghargaa itu di sela gala dinner dan penganugerahan tanda penghargaan bidang pembangunan keluarga, Bangga Kencana 2023, di Griya Agung Kota Palembang Sumatera Selatan, Selasa (4/7/2023).

Manggala Karya Kencana adalah penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah pusat melalui BKKBN kepada sosok yang dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk, berdasarkan sejumlah indikator.

Manggala Karya Kencana untuk Bupati Saidi Mansyur

Selain Ketua TP PKK, Bupati Banjar H Saidi Mansyur juga raih penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN RI. Penghargaan diserahkan oleh Kepala BKKBN Hasto Wardoyo dalam puncak Hari Keluarga Nasional ke-30 tingkat provinsi di Alun-alun Ratu Zalecha Martapura, Kamis (27/7/2023).

Manggala Karya Kencana diserahkan karena Kabupaten Banjar dinilai sangat cepat dalam menurunkan angka stunting, dari sebelumnya di kisaran 40 persen menjadi 26,4 persen.

Penghargaan Yess Award 2023

Di bidang pertanian, Kabupaten Banjar menerima tiga penghargaan YESS Award 2023 yang diserahkan Kementrian Pertanian RI digelaran Sarasehan Petani Milenial, di Hotel Claro Kota Makassar, Jumat (21/07/2023).

Tiga penghargaan ini yaitu kategori District Implementation Team untuk Kabupaten Banjar, kategori Business Development Services Provider di Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Astambul, dan kategori Fasilitator Pemuda oleh Muhammad Nur’ied asal Kabupaten Banjar.

Penghargaan Integrasi Layanan Kesehatan Primer (ILP)

Di sektor kesehatan, Pemerintah Kabupaten Banjar menerima penghargaan Integrasi Layanan Kesehatan Primer (ILP) dari Kementerian Kesehatan RI.

Penghargaan diterima Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al-Habsyie, saat menghadiri Launching Nasional Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer, di Grand Ballroom Jiexpo Convention Centre dan Theatre. Arena Jiexpo Kemayoran Jakarta Pusat, Kamis (31/8/2023).

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI)

Pemerintah Kabupaten Banjar juga meraih penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sebagai Pemerintah Daerah yang telah berhasil menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik melalui aplikasi Sistem Kearsipan Dinamis dan Terintegrasi (SRIKANDI) pada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Penghargaan diserahkan Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Arsip Nasional RI, Desi Pratiwi dan diterima langsung Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar dr H Tofik Norman Hidayat mewakili Bupati Banjar H Saidi Mansyur di Hotel Sunan Surakarta Provinsi Jawa Tengah, Rabu (6/9/2023).

Penghargaan dari Kominfo RI, pemanfaatan Sistem Penghubung Layanan Pemerintah (SPLP) 

Pemerintah Kabupaten Banjar meraih peringkat kedua penghargaan dari Kementerian Kominfo RI sebagai pemerintah daerah yang berhasil menerapkan pemanfaatan Sistem Penghubung Layanan Pemerintah (SPLP).

SPLP adalah infrastruktur SPBE yang berfungsi sebagai perangkat integrasi yang terhubung dengan sistem penghubung layanan instansi pusat dan pemerintah daerah, untuk melakukan pertukaran layanan SPBE antar instansi pusat dan/atau pemerintah daerah.

Penghargaan diserahkah oleh Irjen Kominfo Dr Arief Tri Hardiyanto dan diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar HM Aidil Basith mewakili Bupati Banjar, H Saidi Mansyur  di Hotel Mulia Jakarta Pusat, Selasa (17/10/2023).

Peringkat 1 MKJP dan Peringkat 1 KBPP Tingkat Nasional

Kabupaten Banjar meraih penghargaan sebagai peringkat 1 capaian pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dan peringkat 1 capaian pelayanan KB Pasca Persalinan (KBPP) terbanyak Kabupaten/Kota pada Pekan Pelayanan KB serentak tingkat Kalsel dalam rangka Hari Kontrasepsi Sedunia tahun 2023, 26 September-9 Oktober 2023.

Piagam Penghargaan diterima Wakil Bupati Habib Idrus Al-Habsyie yang diserahkan Deputi Bidang Advokasi, Penggerakan dan Informasi (ADPIN) BKKBN RI, Sukaryo Teguh Santoso
didampingi Kepala Perwakilan BKKBN Kalsel Ramlan dan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Nurul Fajar Desira.

Apresiasi Bunda PAUD Nasional 2023 Kategori Wiyata Dharma Utama

Bunda PAUD Kab Banjar Hj Nurgita Tiyas Saidi Mansyur menerima penghargaan Wiyata Dharma Utama dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi RI pada Apresiasi Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tingkat Nasional Tahun 2023.

Bunda PAUD Kab Banjar Hj Nurgita Tiyas dinilai memiliki kinerja dan kepedulian yang tinggi dalam mendukung gerakan transisi dari PAUD ke SD yang menyenangkan.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo pada puncak agenda Apresiasi Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tingkat Nasional Tahun 2023 yang digelar di Hotel Mercure Convention Centre Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Penghargaan dari Wapres dalam Upaya Penghapusan Kemiskinan Ekstrim

Pemerintah Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan raih penghargaan nasional, Insentif Fiskal Kinerja kategori Upaya Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyi menerima penghargaan itu dari Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma’ruf Amin, saat Rapat Koordinasi Nasional dan Penyerahan Insentif Fiskal Kategori Kinerja Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Tahun Berjalan 2023, di Istana Wakil Presiden, Kamis (9/11/2023).

Penghargaan Perlindungan Konsumen Kategori Pasar Tertib Ukur yang ke-7

Penghargaan tingkat nasional dalam Perlindungan Konsumen Kategori Pasar Tertib Ukur untuk ke-7 kalinya diterima Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP).

Penyerahan penghargaan dari Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan diterima Kepala DKUMPP Kabupaten Banjar, Kencana Wati, Jumat (10/11/2023).

Penghargaan ini merupakan prestasi yang membanggakan hasil kolaborasi yang manis antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Perumda Paar Bauntung Batuah, hingga pemerintah kecamatan dan desa.

Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Ke-10 kalinya Pemerintah Kabupaten Banjar mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM).

Penghargaan ini tertuang dalam SK Menteri Hukum dan HAM (MenkumHAM) RI, Yasonna H Laoly, yang diterbitkan 15 November 2023.

Kabupaten Banjar mendapat predikat Peduli HAM karena dinilai memiliki komitmen tinggi dalam mengupayakan pemenuhan hak-hak dasar bagi warganya.

Capaian di tahun 2023 ini merupakan hasil indikator yang dilaksanakan tahun 2022 dengan mengacu pada PermenkumHAM Nomor 22 Tahun 2021 tentang Kriteria Daerah Kabupaten/Kota Peduli HAM.

Anugerah Kihajar 2023 sebagai Daerah Jawara Belajar kategori Kabupaten/Kota

Anugerah Kihajar sebagai  Daerah Jawara Belajar.id dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia menobatkan Kabupaten Banjar sebagai Daerah Jawara Belajar.id Tahun 2023. 

Capaian Penghargaan luar biasa dibidang pendidikan ini diumumkan dalam ajang penganugerahan Kihajar Tahun 2023 yang digelar di Senayan Jakarta, Jumat (17/11/2023).

Prestasi sebagai Daerah Jawara Belajar yang dicapai Kabupaten Banjar, menyusul terpenuhinya kriteria dan dukungan dari Pemda, Aktivasi akun belajar.id yang tinggi, Pertumbuhan akun belajar.id yang baik, Adopsi akun belajar.id siswa terutama pada uji kompetensi, melaksanakan praktik baik chromebook, Terbacanya pemakaian chromebook pada MUA (monthly used activity), Eksplorasi raport pendidikan,dan Pemanfaatan PMM didaerah yang baik.

Penghargaan Sertifikat Maturitas Pelayanan Perkotaan 

Dari Kementerian Dalam Negeri, Pemkab Banjar mendapat penghargaan Sertifikat Maturitas Pelayanan Perkotaan.

Penghargaan diserahkan oleh Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Syafrizal ZA diterima Bupati Banjar H Saidi Mansyur saat kegiatan Diseminasi Peraturan Pemerintah Tentang Perkotaan, di Hotel Royal Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (28/11/2023).

Maturitas Pelayanan Perkotaan berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 600.3-486 tahun 2023, diberikan kepada kabupaten dan kota yang memenuhi persyaratan, dimana Pemkab Banjar dengan penerapan Smart City yang dimulai sejak tahun 2019 diakui tingkat kematangan atau pemenuhan standar kota cerdas sesuai SNI perkotaan cerdas.

Satu-satunya di Kalsel sebagai Kelurahan Bebas Stunting

Dari 20 kelurahan desa se-Indonesia, Kelurahan Mandarsari, Kecamatan Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, menjadi satu-satunya di Kalsel sebagai penerima penghargaan Bebas Stunting 2023.

Mandarsari menerima penghargaan pada kategori Intervensi Spesifik, dengan judul 13 Inovasi Kelurahan Mandarsari Berbasis Pengelolaan Sampah dalam rangka Bebas Stunting, yang diberikan pada Pertemuan Nasional Desa Bebas Stunting Award 2023 di Ballroom Hotel Sahid Jaya DI Yogyakarta, Senin (13/11). 

Penganugerahan ini digagas Asosiasi Dinas Kesehatan (Adinkes) Indonesia berkolaborasi dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Editor


Komentar
Banner
Banner