Perut Kembung

Makanan untuk Mengatasi Perut Kembung

Beberapa jenis makanan ini dapat membantu mengurangi kembung, dan meredakan rasa tak nyaman karena Gastrointestinal (GI).

Featured-Image
Makanan yang baik untuk mencegah perut kembung dan pencernaan. Foto: iStockPhoto

bakabar.com, JAKARTA - Beberapa jenis makanan ini dapat membantu mengurangi kembung, dan meredakan rasa tak nyaman karena Gastrointestinal (GI).

Perut buncit yang disebabkan oleh kembung sering kali terjadi akibat gas, gangguan pencernaan dan sembelit. Fokus pada penyelesaian masalah ini dapat membantu meminimalkan kembung.

Sembelit dapat dikurangi dengan mencukupkan nutrisi serat. Namun para ahli menyarankan untuk mengonsumsinya secara perlahan dan bertahap, karena dapat menyebabkan perut kembung.

Selain mengonsumsi makanan sehat, menjaga hidrasi tubuh dapat membantu mencegah sembelit.

Menurut Medical News Today, berikut beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk mencegah perut kembung.

1. Jeruk

Buah kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan kesehatan di usus. Selain itu buah ini sumber serat dan air yang baik, dapat membantu mencegah retensi air dan melancarkan buang air besar.

Baca Juga: Asam Sitrat dalam Jeruk Ternyata Bisa Memicu Batuk

2. Nanas

Nanas mengandung 1,4 g (gram) serat per porsi, serta enzim yang disebut bromelain. Enzim ini sering digunakan dalam pengobatan tradisional mengatasi pencernaah.

3. Buah Beri

Buah beri mengandung 2,1 g serat per porsi, yang baik untuk pencernaan. Selain itu juga salah satu sumber antioksidan yang sangat baik, dan menyehatkan kesehatan usus.

Manfaat Strawberry untuk Kesehatan dan Kecantikan - apahabar
Manfaat Strawberry untuk Kesehatan dan Kecantikan. Foto: dok. freepik

4. Pepaya

Studi pada 2013 menyatakan bahwa pepaya digunakan sebagai obat rumahan untuk keluhan pencernaan. Dalam penelitian tersebut menunjukkan pepaya dapat mengurangi risiko sembelit dan kembung pada seseorang.

5. Jahe

Jahe mengandung enzim pernernaan zingibain, yang membantu sistem pencernaan, dan memecah protein. Senyawa tersebut membantu mencerna makanan lebih efisien, mengurangi kembung, gas, atau sembelit.

Obat rumahan ini dapat dikonsumsi dengan menyeduh beberapa potong irisan jahe ke dalam cangkir berisi air panas, atau menyedunya bersamaan dengan teh.

6. Seledri

Studi tahun 2017 melaporkan bahwa seledri kaya akan apigenin, flavonoid yang secara alami terdapat pada tumbuhan. Penelitian menunjukkan seledri dapat melancarkan pencernaan.

Daun Seledri
Manfaat Daun Seledri untuk Kecantikan (Foto: GridID)

7. Wortel

Wortel dikenal khasiatnya untuk kesehatan mata, lebih dari itu sayuran yang kaya akan vitamin A ini juga penting untuk menjaga homeostasis di usus. Penelitian juga menunjukkan bahwa sumber makanan vitamin A meningkatkan strain bakteri menguntungkan di usus.

Selain mengonsumsi makanan tertentu. Beberapa kebiasan hidup dapat mencegah perut kembung. Seperti mengurangi mengunyah permen karet, makan dengan posisi duduk dan secara perlahan.

Editor


Komentar
Banner
Banner