Pemko Banjarbaru

Ludes Terbakar, Eks Pasar Bauntung Banjarbaru Mau Dirobohkan?

apahabar.com, BANJARBARU – Eks Pasar Bauntung yang hangus terbakar menimbulkan tanda tanya bagi warga sekitar. Mau…

Featured-Image
Satreskrim Polres Banjarbaru menerjunkan unit identifikasi untuk olah TKP awal di eks Pasar Bauntung. apahabar.com/Fida

bakabar.com, BANJARBARU – Eks Pasar Bauntung yang hangus terbakar menimbulkan tanda tanya bagi warga sekitar. Mau diapakan eks bangunan pasar yang dibangun sejak 1964 itu?

“Ya sambil lalu (melintas) sambil juga melihat kondisinya, walaupun sekarang sudah ditutup pagar, tapi karena lokasinya sering dilewati orang jadi enggak heran banyak yang penasaran mau melihat,” ucap warga sekitar, Munah kepada bakabar.com Selasa (1/6).

Munah mempertanyakan apa tindaklanjut pemerintah daerah untuk bangunan di eks Pasar Bauntung.

“Bingung, pasar sudah dipindah, nah yang ini habis kebakaran diapakan?. Enggak tahu mau dijadikan apa di sini,” ujarnya bingung.

Terkait nasib bangunan, Kepala Dinas Perdagangan Banjarbaru, Abdul Basid angkat bicara.

Dalam waktu dekat, kemungkinan besar eks pasar seluas 1,5 hektare itu bakal dirobohkan,

“Berkaitan dengan kebijakan secara keseluruhan, memang ada rencana akan dirobohkan kata Pak Sekda, cuman mungkin (keputusannya) ini porsi pimpinan,” kata Basid.

Sebelumnya, Sekda Banjarbaru Said Abdullah memang pernah berkata akan meratakan eks pasar tersebut.

Anggaran untuk merobohkan bangunan eks pasar akan dibahas pada rapat anggaran perubahan nanti.

“Programnya akan direncanakan di anggaran perubahan nanti,” katanya.

Rencana perobohan, bahkan tak hanya pada area atau blok yang terbakar. Melainkan keseluruhan. Mengingat, pasar tersebut juga sudah tidak dioperasikan.

“Jadi tidak hanya bagian yang terbakar, tapi areanya secara keseluruhan. Karena memang sebelum (kebakaran) itu, sudah ada rencana usulan penghapusan aset dan akan dirobohkan,” jelasnya.

Penyebab kebakaran Basid sendiri belum bisa menerangkan detail. Sebab, masih dalam penyelidikan polisi.

“Sama seperti pernyataan pak Sekda lalu bahwa ini murni kebakaran. Tapi kita tunggu hasil penyelidikan dari kepolisian,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso meminta masyarakat agar bersabar, pihaknya masih perlu waktu untuk menyelidiki.

“Dalam hal ini Satreskrim Polres Banjarbaru telah menurunkan unit identifikasi untuk olah TKP awal saat di lokasi kejadian dan kami mohon waktu untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut guna memastikan penyebab kebakaran tersebut,” tegasnya.



Komentar
Banner
Banner