Passkey

Login Gmail Kini Enggak Perlu Masukin Password, Gimana Caranya?

Google meluncurkan cara terbaru untuk masuk (login) ke Gmail tanpa menggunakan kata sandi atau password.

Featured-Image
Passkey fitur terbaru Google. (Foto: dok. SGeek)

bakabar.com, JAKARTA -Google meluncurkan cara terbaru untuk masuk (login) ke Gmail tanpa menggunakan kata sandi atau password.

"Untuk pertama kalinya, kami menggulirkan kunci sandi (passkey), cara yang paling mudah dan paling aman untuk login ke dalam aplikasi dan website. Langkah besar menuju masa depan tanpa password," ujar Google dalam blog resminya beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, jika pengguna ingin masuk ke dalam akun Gmail/Google maka Anda harus mengetik kata sandi dari akun tersebut.

Untuk cara kerja dari fitur passkey, pengguna tetap harus memasukkan kata sandi, hanya saja cukup berbeda dengan password di Gmail dulu.

Baca Juga: Google Beri Peringatan Penting untuk Pengguna Gmail, Apa Itu?

Passkey sendiri memungkinkan pengguna melakukan login layaknya membuka kunci (unlock) di smartphone Anda.

Anda dapat memilih jenis passkey yang terdiri dari pemindai sidik jari (fingerprint), pemindai wajah (face scan), hingga kode PIN.

Kendati terkesan lebih mudah, namun Anda tidak perlu meragukan keamanan. Pasalnya, keamanan passkeys diklaim lebih tinggi daripada cara login yang lama.

Sebagai contoh, jika Anda login dengan menggunakan fingerprint ataupun face scan, peluang terjadinya peretasan atau kebocoran data yang terjadi bisa lebih sedikit dan berkurang.

Baca Juga: Google Authenticator Hadirkan Fitur yang Tersinkron dengan Akun Google

Hal itu karena setiap orang memiliki bentuk wajah dan garis sidik jari yang berbeda-beda.

Lebih lanjut, sistem passkeys sendiri sudah bisa digunakan oleh seluruh pengguna akun Google.

Bagi Anda pengguna Google di Indonesia juga sudah bisa mendaftarkan passkey di akun Google untuk mencoba fitur tersebut.

Jika sudah mendaftarkan diri, Anda bisa langsung menggunakan passkey untuk login ke semua layanan Google, seperti Gmail, Drive, Meet, dan sebagainya.

Baca Juga: Keasikan Main Honkai Star Rail, Tim Valorant Harus Kalah di Turnamen

Pendaftaran passkey bisa diakses melalui tautan di sini.

Pastikan passkey, khususnya kode PIN, yang terdaftar memiliki kode multi-digit yang acak, tidak berurutan, dan bukan terdiri dari angka/huruf yang sama.

Ketika terdaftar, passkey yang sama bisa langsung dipakai untuk layanan Google Workspace yang lain.

Tak hanya Google, layanan lain seperti Paypal, Shopify, Docusign, Kayak, dan Yahoo di Jepang sudah menerapkan sistem passkey yang terkesan ampuh tersebut.

Editor


Komentar
Banner
Banner