Chelsea 3-0 AC Milan

Liga Champions: Chelsea Lumat AC Milan 3-0 di Stamford Bridge

Bermain di depan pendukungnya, The Blues berhasil mempermalukan AC Milan dengan skor 3-0 berkat gol yang diciptakan oleh Fofana, Aubameyang, dan James.

Featured-Image
Chelsea taklukkan AC Milan 3-0 di Stamford Bridge (foto: Twitter @ChelseaFC)

bakabar.com, JAKARTA – Chelsea sukses mempermalukan AC Milan 3-0 tanpa balas di Stadion Stamford Bridge, dalam laga lanjutan fase Grup Liga Champions Kamis (6/10) dini hari WIB.

Tampil di depan pendukungnya sendiri, The Blues bermain dominan dan lebih mengancam ketimbang tamunya AC Milan yang bermain dengan ceroboh.

Tiga gol skuad racikan Graham Potter itu lahir dari tiga pemain yang berbeda. Wesley Fofana lebih dulu mengantarkan Chelsea unggul dimenit ke-23.

Dua gol terakhir Chelsea, diciptakan masing-masing di babak kedua berkat gol dari Pierre-Emerick Aubameyang dimenit ke-56 dan Reece James di menit ke-62.

AC Milan yang datang ke Stamford Bridge tampil tidak dengan kekuatan penuh mereka, terutama di sektor bek sayap yang membuat segalanya tampak rumit.

Rossoneri berkali-kali coba menembus pertahanan yang dikawal Thiago Silva, namun seringnya kandas berkat solidnya lini pertahanan Chelsea.

Dengan kemenangan ini, Chelsea meraih tiga poin sekaligus menyalip AC Milan dengan koleksi poin yang sama tetapi unggul head to head.

Chelsea lantas naik ke posisi kedua Grup E menggeser AC Milan yang turun ke urutan ketiga. Sedangkan posisi puncak klasemen masih ditempati RB Salzburg dengan mengoleksi lima poin, dan Dinamo Zagreb di urutan dasar klasemen dengan tiga poin.

Babak Pertama

Bermain di depan pendukungnya sendiri, The Blues langsung tancap gas mengancam tamunya. Dimenit ke-4 Pierre-Emerick Aubameyang memberikan umpan kepada Mason Mount yang langsung ia eksekusi lewat tendangan dari luar kota penalti. Namun, kiper AC Milan Cipirian Tatarusanu berhasil mengamankan gawangnya dari kebobolan lebih cepat.

Di 15 belas menit laga baru berjalan, tim tuan rumah selalu mencoba tampil lebih mendominasi permainan. Aubameyang cs menyulitkan AC Milan untuk membangun serangan dengan mudah.

Chelsea kemudian berhasil menciptakan gol keunggulan 1-0 di menit ke-23 melalui Wesley Fofana.

Gol keunggulan pertama The Blues pada pertandingan ini sekaligus menjadi gol pertamanya Wesley Fofana berseragam London Biru.

Gol pertama Chelsea tercipta saat situasi kemelut setelah tendangan sudut. Setelah ada dua percobaan dari jarak dekat yang gagal, Fofana datang untuk mengeksekusi yang ketiga hingga menjadi gol.

Di menit ke-29, Mason Mount Kembali mendapatkan peluang. Berkat permainan kombinasi dari sayap kanan membuat Reece James leluasa melepas umpan saling mendatar. Namun sepakan Mount masih dapat dihalau oleh kiper AC Milan.

Chelsea kendatinya dapat menggandakan keunggulnya dimenit ke-33 berkat aksi Mount yang berhasil mengantarkan si kulit bundar masuk ke dalam gawang AC Milan, namun hakim garis menyatakan Mount sudah dalam posisi offside.

Rossoneri, mendapatkan peluang terbaiknya saat masa tambahan waktu dibabak pertama (45’ +4) berkat akselerasi Leao dari sayap kiri berhasil menerobos masuk ke kotak penalti Chelsea yang langsung ia umpan ke Charles de Ketelaere.

Namun, tembakan dari jarak dekat Charles de Ketelaere masih dapat dihalau oleh Kepa Arrizabalaga. Hingga babak pertama berakhir skor pun masih 1-0 untuk keunggulan The Blues.

Babak Kedua

Selepas jeda, AC Milan bermain dengan merubah taktik permainan mereka. Rossoneri, telah menemukan solusi untuk keluar dari high pressing Chelsea. Selain itu, masalah kurangnya bantuan saat menyerang juga sedikit teratasi.

Tapi saying, pertahanan Milan ternyata masih terlalu rapuh untuk menghadang serang dari tim tuan rumah.

Pada menit ke-56, striker tuan rumah Aubameyang sukses menggandakan keunggulan Chelsea 2-0 berkat umpan silang yang diberikan dari Reece James.

Bermain di posisi wing back kanan Chelsea, Reece James jadi momok menakutkan bagi pertahanan Milan pada pertandingan kali ini.

Wing back kanan Chelsea itu berperan terhadap gol kedua The Blues, dan berhasil membuat gol ketiga untuk keunggulan tuan rumah.

Gol dari James ini lahir di menit ke-62. Usai ia memanfaatkan sisi kiri pertahanan Milan yang tidak rapat. Dengan mudahnya ia melepaskan tendangan dari sudut sempit ke tiang dekat yang tak mampu dihalau oleh kiper Milan hingga masuk kedalam gawangnya.

Hingga akhir babak yang kedua, skor keunggulan 3-0 Chelsea tak mampu dikejar oleh tamunya. Milan seolah merelakan kekalahannya di Stamford Bridge.

Susunan Pemain

Chelsea: Kepa Arrizabalaga; Wesley Fofana (Trevoh Chalobah 38'), Thiago Silva, Kalidou Koulibaly; Reece James, Ruben Loftus-Cheek, Mateo Kovacic (Jorginho 65'), Ben Chilwell; Mason Mount (Kai Havertz 74'), Pierre-Emerick Aubameyang (Conor Gallagher 65'), Raheem Sterling (Armando Broja 75')

AC Milan: Ciprian Tatarusanu; Sergino Dest, Pierre Kalulu, Fikayo Tomori, Fode Ballo-Toure; Ismael Bennacer (Tommaso Pobega 72'), Sandro Tonali; Rade Krunic (Matteo Gabbia 65'), Charles de Ketelaere (Ante Rebic 65'), Rafael Leao (Brahim Diaz 72'); Olivier Giroud (Divock Origi 73')

Klasemen Sementara Liga Champions Grup E 

Klasemen sementara Grup E Liga Champions 2022/2023
Klasemen sementara Grup E Liga Champions 2022/2023
Editor


Komentar
Banner
Banner