Nasional

Liburan Tiba! Enam Wisata Pantai di Tanah Bumbu Ini Menarik Dikunjungi 

Kabupaten Tanah Bumbu memiliki sejumlah destinasi wisata pantai yang dikelola dengan baik oleh Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporpar).

Featured-Image
Pantai Pagatan. Foto-dok for apahabar.com.

bakabar.com, BATULICIN – Kabupaten Tanah Bumbu memiliki sejumlah destinasi wisata pantai yang dikelola dengan baik oleh Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporpar) setempat.

Tentunya, objek wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi para wisatawan lokal, luar daerah, hingga mancanegara. 

Kabupaten Tanah Bumbu memiliki garis pantai yang sangat panjang, sehingga dianugerahkan sejumlah objek wisata pantai yang sangat menarik. 

Pemerintah daerah setempat pun mulai melirik sektor ini dan terus meningkatkan fasilitas penunjang demi memberi kenyamanan kepada wisatawan saat berkunjung apalagi di suasana libur panjang. 

Berikut enam objek wisata pantai di Tanah Bumbu yang direkomendasikan untuk dikunjungi bersama keluarga saat liburan.

1. Pantai Pagatan

Berwisata ke objek wisata Pantai Pagatan, pengunjung akan menikmati suguhan eksotika keindahan ombak yang menerjang, hingga ke hamparan pasir putih.

Objek wisata Pantai Pagatan terletak di Kelurahan Kota Pagatan Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel.

Destinasi wisata ini terkenal sebagai lokasi pelaksanaan pesta adat Mappanre Ri Tasi’e atau pesta laut bagi para nelayan setiap bulan April.

Namun, selain menjadi lokasi pesta adat, objek wisata ini juga ramai pengunjung. Hampir setiap hari, destinasi wisata unggulan Kabupaten Tanah Bumbu ini tidak pernah kehilangan pengunjung yang datang.

Terlebih, pada akhir pekan seperti hari Sabtu dan Minggu selalu ramai oleh pelancong lokal.

Pantai Pagatan menyajikan panorama keindahan saat sore hari. Yaitu, pemandangan ombak yang datang dari laut menerjang pasir pesisir pantai.

Saat sore, angin di kawasan ini cukup kencang hingga tersaji pemandangan ombak tinggi bergulung-gulung kejar-kejaran hingga ke bibir pantai.

Tidak jarang, pada moment ini sejumlah wisatawan memilih untuk berenang sambil menghadang ombak menerjang badan.

Hal ini, tentu menambah keseruan dalam berwisata bersama keluarga. Lebih lagi, warga setempat juga menyediakan jasa penyewaan pelampung untuk berenang.

Harga sewa pelampung cukup murah, terlebih dibanding dengan keamanan bagi pengunjung anak-anak yang melakukan aktivitas bermain di pantai dengan berenang.

Nah, tunggu apalagi, bagi anda yang ingin menikmati akhir pekan bersama keluarga dengan berlibur, tidak ada salahnya untuk mencoba datang ke Objek Wisata Pantai Pagatan ini.

Pantai Pagatan. Foto-dok for bakabar.com.
Pantai Pagatan. Foto-dok for bakabar.com.

2. Pantai Batu Buaya

Pantai Batu Buaya dikelola oleh Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata Pemkab Tanah Bumbu. 

Pantai Batu Buaya terletak di Desa Sungai Cuka Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu. Dari jalan Ahmad Yani Desa Sungai Cuka masuk sekitar 8 kilometer melintasi jalan mulus beraspal.

Retribusi masuk sangat murah yaitu Rp 3 ribu untuk setiap pengunjung dewasa dan gratis untuk kategori anak-anak. 

Pantai Batu Buaya dilengkapi fasilitas penunjang seperti jalan pendestrian terbuat dari paving blok untuk memudahkan kendaraan roda 2 dan 4 melintas hingga ke pantai. 

Juga banyak terdapat gazebo dengan bentuk unik yang dapat digunakan wisatawan untuk bersantai bersama keluarga. 

Musalla bagi wisatawan yang ingin menunaikan ibadah Salat lima waktu. Toilet umum untuk wisatawan yang ingin membersihkan diri setelah habis berenang di laut.

Kemudian, ada pusat UMKM yang menjual aneka ragam makanan. Ada juga panggung yang biasa digunakan pada waktu tertentu untuk even musik sebagai hiburan bagi pengunjung. 

Tersedia cotex berbentuk unik yaitu kerucut berukuran 2x2 meter yang bisa disewa pengunjung untuk menginap bersama keluarga, tentunya dengan harga yang relatif sangat murah. 

Pantai ditumbuhi pepohonan cemara laut dan pohon kelapa. Pantai terbentang memanjang dengan hamparan pasir putih. Terdapat beberapa ban berukuran jumbo menambah keunikan objek wisata ini. 

Pantai Batu Buaya. Foto-dok for bakabar.com.
Pantai Batu Buaya. Foto-dok for bakabar.com.

3. Pantai Cemara Indah

Pantai Cemara Indah terletak di Desa Pulau Salak Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu. 

Objek wisata ini sangat mudah dikunjungi lantaran berada persis di Jalan Ahmad Yani atau jalan poros nasional desa setempat. 

Retribusi masuk relatif sangat murah hanya Rp 5 ribu untuk pengunjung dewasa dan gratis untuk pengunjung anak-anak. 

Destinasi wisata ini menyajikan eksotika keindahan pantai dengan susunan bebatuan yang membuat tempat ini menjadi unik. 

Terdapat dua ayunan terbuat dari beton yang dapat digunakan sebagai spot menarik untuk foto. Pantai ini juga teduh lantaran ditumbuhi oleh jejeran pepohonan cemara laut yang rindang. 

Dinding beton pengaman pantai juga terpasang di pantai ini jadi lebih aman saat berwisata bersama keluarga dan anak-anak. 

Fasilitas penunjang juga sudah tersedia seperti empat unit gazebo yabg dapat digunakan pengunjung untuk bersantai menikmati keindahan pantai. 

Selain itu, juga tersedia cotex bagi wisatawan yang ingin menginap bersama keluarga, tentunya dengan harga sewa yang relatif murah.

Pantai Cemara Indah. Foto-dok for bakabar.com.
Pantai Cemara Indah. Foto-dok for bakabar.com.

4. Pantai Rindu Alam

Pantai Rindu Alam berada di Desa Bettung Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu.

Objek wisata ini sangat mudah dikunjungi lantaran terletak tidak jauh dari Jalan Ahmad Yani atau jalan poros nasional desa setempat. 

Destinasi wisata ini menyajikan keindahan pemandangan laut dengan pasir putih ditumbuhi jejeran pepohonan cemara laut yang rindang. 

Pantai Rindu Alam memiliki bentang pantai cukup panjang yaitu sekitar satu kilometer. Jejeran pepohonan cemara laut yang rimbun membuat wisatawan bisa sepuasnya memasang hammock untuk bersantai hingga aktivitas berwisata menjadi lebih menyenangkan. 

Di objek wisata ini sejumlah fasilitas penunjang sudah banyak terbangun dengan baik. Terdapat empat unit pendopo dengan ukuran luas yang dapat disewa dengan harga relatif murah yaitu Rp 20 ribu. 

Pendopo ini dapat digunakan pengunjung untuk melakukan berbagai aktivitas seperti bersantai, barbekyu hingga menginap bersama keluarga atau kolega. Ada juga beberapa gazebo berukuran 2x2 meter yang tersedia bagi wisatawan yang ingin bersantai.

Selain itu, juga tersedia ayunan di tepi pantai beratap rimbunan daun cemara laut. Arena permainan untuk anak-anak terbuat dari material kayu khas kalimantan yaitu kayu ulin juga sudah tersedia. 

Lainnya, kolam renang bagi anak-anak juga melengkapi fasilitas bermain di Pantai Rindu Alam. Bagi pengunjung yang ingin bermalam, di sini juga sudah terbangun sebuah cotex berbentuk unik berbahan kayu ulun dengan fasilitas lengkap di tepi danau berukuran 3x4 meter yang disewakan dengan harga relatif murah.

Fasilitas penunjang lain seperti musalla, toilet hingga pusat UMKM juga tidak ketinggalan tersedia di objek wisata Pantai Rindu Alam. 

Pantai Rindu Alam dikelola oleh Pemerintah Daerah setempat dengan memungut retribusi masuk Rp 10 ribu ditambah retribusi keamanan dan kebersihan dari Desa Bettung bagi pengunjung dewasa.

Pantai Rindu Alam. Foto-dok for bakabar.com.
Pantai Rindu Alam. Foto-dok for bakabar.com.

5. Pantai Angsana 

Pantai Angsana berada di Desa Angsana Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu. 

Objek wisata ini menyajikan eksotika keindahan pantai dengan bentang pasir putih yang membentang luas. 

Untuk bisa sampai destinasi wisata ini, wisatawan terlebih dulu mendatangi Desa Angsana Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu. 

Dari Jalan Ahmad Yani atau jalan poros nasional di desa setempat wisatawan akan menemukan sebuah gerbang bertuliskan Obyek Wisata Pantai Angsana. 

Kemudian, pengunjung harus melintasi jalan beraspal mulus dengan lebar sekitar 6 meter menuju pantai sekitar 8,6 kilometer. 

Setelah menempuh perjalanan sekitar 6 kilometer, wisatawan akan menjumpai pos loket masuk destinasi wisata Pantai Angsana untuk membeli tiket retribusi yang pada hari biasa seharga Rp 12 ribu.

Namun, pada hari tertentu seperti libur tahun baru maupun lebaran, harga retribusi akan berbeda. 

Objek wisata Pantai Angsana memiliki sejumlah fasilitas penunjang bagi pengunjung. 

Mulai dari gazebo yang bisa digunakan wisatawan untuk beraktivitas seperti bersantai atau pun barbekyu sambil menikmati keindahan pantai. 

Kemudian, fasilitas penunjang seperti mushalla bagi pengunjung yang ingin beribadah juga sudah tersedia. 

Ada lagi, toilet umum dengan jaringan air bersih yang dapat digunakan bagi wisatawan berniat untuk membersihkan diri sehabis puas bermain dan berenang di pantai. 

Bagi pengunjung yang ingin bermalam di Pantai Angsana, juga sudah tersedia penginapan dengan harga sewa perhari relatif murah. 

Untuk menambah keseruan saat berlibur, wahana banana boat dan ATV juga disewakan bagi pengunjung yang ingin sensasi lebih dalam berwisata ke Pantai Angsana.

Pantai Angsana. Foto-dok for bakabar.com.
Pantai Angsana. Foto-dok for bakabar.com.

6. Pantai Sungai Loban Indah

Objek Wisata Pantai Sungai Loban Indah. Lokasinya berada di Desa Sungai Loban Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel.

Sangat mudah untuk mengunjungi objek wisata ini. Karena, keberadaannya persis di samping Jalan Nasional Trans Kalimantan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Biaya masuknya objek wisata ini hanya Rp 5 ribu. Itu pun, hanya untuk pengunjung dewasa.

Pantai Sungai Loban Indah memiliki eksotika keindahan alam pemandangan laut dengan ombak bergulung-gulung.

Jejeran pepohonan cemara laut menambah keindahan objek wisata ini. Dedaunan yang rimbun membuat teduh dari terik matahari.

Pantai Sungai Loban Indah dilengkapi dengan fasilitas penunjang. Enam gazebo berbentuk rumah banjar seluas 4 meter, gratis!.

Bahkan, tidak sedikit pengunjung yang melakukan aktivitas bersama keluarga di gazebo. Seperti membakar ikan, barbeqiu hingga menggoreng dan memasak yang lain.

Dua unit bangunan unik berbentuk kerucut berukuran 2×1,5 meter juga tersedia bagi pengunjung yang ingin bermalam.

Tapi, untuk yang satu ini tidak gratis, melainkan disewakan oleh pengelola Objek Wisata Pantai Sungai Loban Indah.

Di objek wisata ini juga tersedia warung-warung yang menjual aneka makanan dan minuman. Jadi, tidak perlu khawatir bagi pengunjung yang tidak membawa bekal untuk piknik. Tidak bakal kelaparan.

Selain itu, juga jangan khawatir bagi pengunjung yang menghabiskan waktu berlibur di Pantai Sungai Loban Indah dengan berenang di laut.

Objek wisata ini juga sudah tersedia kamar mandi dan toilet untuk pengunjung yang ini membersihkan badan sehabis bermain di pasir dan air laut.

Jadi, tunggu apalagi, bagi warga Kabupaten Tanbu, buruan kunjungi objek wisata ini dengan biaya murah.

Pantai Sungai Loban Indah. Foto-dok for bakabar.com.
Pantai Sungai Loban Indah. Foto-dok for bakabar.com.
Editor


Komentar
Banner
Banner