Hiburan

Libur Tahun Baru, Inilah 6 Rekomendasi Tempat Wisata Air di HST

Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang berada di kawasan kaki Pegunungan Meratus dianugerahi dengan perairan sungai pegunungan yang segar dan jernih.

Featured-Image
Ratusan wisatawan padati Wisata Pulau Mas di Kecamatan Batu Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Foto: apahabar.com/Luthfia

bakabar.com, BARABAI - Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang berada di kawasan kaki Pegunungan Meratus dianugerahi dengan perairan sungai pegunungan yang segar dan jernih.

Melihat peluang ini, pemerintah daerah setempat pun mulai mengembangkan dan memfasilitasi kawasan-kawasan wisata air guna menunjang kenyamanan para wisatawan yang berkunjung.

Berikut daftar lima tempat wisata air di Kabupaten HST yang direkomendasikan menarik untuk dikunjungi para wisatawan saat liburan bersama teman ataupun keluarga.

1. Wisata Nateh

Objek wisata Nateh terletak wilayah pegunungan tepatnya di Desa Nateh, Kecamatan Batang Alai Selatan (BAS), Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Perjalanan yang ditempuh untuk bisa berwisata ke tempat tersebut memakan waktu kurang lebih satu jam, dengan jarak tempuh sekitar 28 km dari pusat Kota Barabai.

Selama perjalanan, pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan pemandangan alam dari Pegunungan Meratus, hingga bantaran Sungai Batang Alai yang jernih dan menyegarkan.

Sesampainya di objek wisata Air Nateh, pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir. Setelahnya pengunjung langsung bisa menikmati panorama alam yang disajikan di objek wisata Air Nateh.

Terdapat juga Gazebo yang bisa disewa jika pengunjung ingin lebih nyaman. Gazebo ini biasanya disewa pengunjung yang ingin santai tanpa perlu basah-basahan.

Jika sudah bosan bersantai, pengunjung juga bisa mencoba wahana Arung Jeram dengan hanya membayar Rp100 ribu per orang.

Namun perlu diingat, jika membawa anak kecil ke objek wisata tersebut maka harus mejaganya dengan benar. Karena arus air di Sungai Batang Alai yang lumayan deras bisa dengan mudah menyeret tubuh anak-anak yang terbilang ringan.

Wisata Nateh terletak di Desa Nateh, Kecamatan Batang Alai Selatan, HST. Foto-istimewa.
Wisata Nateh terletak di Desa Nateh, Kecamatan Batang Alai Selatan, HST. Foto-istimewa.

2. Wisata Pagat Batu Benawa

Wisata Pagat menjadi objek wisata air pertama yang akan dilihat wisatawan saat melalui Jalan Tanjung Pura Pagat, Murung A, Batu Benawa, Hulu Sungai Tengah.

Walau sempat tidak beroprasi usai diterjang Banjir Bandang pada 2021 lalu, objek wisata Pagat Batu Benawa kini kembali ramai dikunjungi wisatawan.

Dengan tarif masuk sebesar Rp5 ribu, pengunjung sudah bisa menikmati segala fasilitas yang tersedia di objek wisata tersebut.

Ada banyak fasilitas yang bisa dinikmati. Mulai dari Mushola yang cukup bersih dan terawat. Taman bermain anak-anak yang cukup lengkap menghibur, ada juga panggung hiburan yang akan menyajikan beberapa hiburan.

Destinasi wisata Pagat Batu Banawa ini sangat lengkap untuk dijelajahi oleh wisatawan mulai dari bukit, sungai hingga gua batu.

Pengunjung juga akan disambut dengan aliran sungai yang jernih. Biasanya, banyak wisatawan yang memanfaatkannya untuk bermain air.

Selain itu, pengunjung juga bisa melihat bongkahan bebatuan yang membuat objek wisata ini terasa spesial. Banyak wisatawan yang duduk-duduk serta foto selfie bersama.

Lainnya, berbagai fasilitas baru seperti gazebo-gazebo yang terletak di atas bukit saat ini sangat digandrungi wisatawan.

Dengan harga sewa yang relatif murah, banyak wisatawan mengantri untuk dapat bersantai di gazebo tersebut.

Wisata Pagat Batu Benawa terletak di Jalan Tanjung Pura Pagat, Murung A, Batu Benawa, Hulu Sungai Tengah. Foto: bakabar.com/Luthfia
Wisata Pagat Batu Benawa terletak di Jalan Tanjung Pura Pagat, Murung A, Batu Benawa, Hulu Sungai Tengah. Foto: bakabar.com/Luthfia

3. Wisata Riam Bajandik

Objek wisata Riam Bajandik juga salah satu destinasi wisata air yang saat ini banyak kedatangan pengunjung, baik lokal maupun luar daerah.

Sungainya yang jernih dan dangkal membuat pengunjung tidak perlu cemas jika hanya ingin mencelupkan kaki ke air. Anak-anak juga akan lebih mudah berpijak di dasar Sungai.

Namun sebelum pergi ke objek wisata Air Riam Bajandik, pengunjung hendaknya menyiapkan uang untuk membayar tiket masuk Rp5 ribu per satu orang dewasa. Untuk anak-anak juga dikenakan harga yang sama yaitu Rp5 ribu per tiga orang anak-anak.

Nah, selanjutnya langsung saja sambangi objek wisata Riam Bajandik yang terletak di Desa Baru, Kecamatan Batu Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Pengunjung hanya perlu menempuh perjalanan kurang lebih lima belas menit dengan jarak tempuh sekitar 9 km dari pusat Kota Barabai.

Pengunjung juga tidak perlu takut terlambat datang, karena objek wisata yang satu ini buka dari pukul 08.00 Wita hingga 18.00 Wita setiap harinya.

Wisata Riam Bajandik terletak di Desa Baru, Kecamatan Batu Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Foto-istimewa
Wisata Riam Bajandik terletak di Desa Baru, Kecamatan Batu Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Foto-istimewa

4. Wisata Pulau Mas

Masih satu wilayah dengan wisata Riam Bajandik, objek wisata Pulau Mas juga terletak di Desa Baru, Kecamatan Batu Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Yang berbeda hanya biaya tiket masuk dan jaraknya dari pusat kota.

Untuk tiket masuknya, pengunjung hanya perlu menyiapkan biaya sebesar Rp10 ribu per orang dewasa. Anak-anak tidak dikenakan biaya masuk (gratis).

Kemudian, untuk jarak tempuh objek wisata Pulau Mas ini sekitar 3 km lebih jauh dari wisata Riam Bajandik, yakni 11 km dari pusat kota Barabai atau kurang lebih dua puluh menit perjalanan.

Destinasi wisata ini menarik dikunjungi karena fasilitas yang disediakan beragam.

Terdapat puluhan gazebo yang berjejer di sepanjang bantaran Sungai Batu Benawa. Gazebo-gazebo tersebut dapat disewa bagi pengunjung yang ingin duduk santai dengan keluarga atau teman dengan biaya sewa Rp30 ribu per tempat.

Bagi pengunjung yang ingin terjun ke Sungai namun tidak bisa berenang, pengunjung tidak perlu khawatir karena di tempat sewa pelampung tersebar di beberapa titik objek wisata tersebut.

Puluhan warung yang menjual berbagai macam makanan juga tersedia. Jadi pengunjung tidak perlu cemas akan kelaparan.

Berwisata di objek wisata Pulau Mas tidak akan bosan, sebab beragam jenis lagu terus diputar untuk menemani keseruan berlibur bersama keluarga.

Wisata Air HST
Wisata Pulau Mas di Kecamatan Batu Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Foto: bakabar.com/Luthfia

5. Wisata Manggasang

Destinasi wisata Manggasang berada di Desa Batu Tunggal, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Objek wisata yang berjarak sekitar 15 km dari pusat Kota Barabai ini juga tak kalah menarik dari objek wisata air lainnya.

Sejumlah area yang menarik yakni hutan lebat, spot foto, hingga sungainya yang jernih.

Banyak pengunjung datang karena penasaran dengan pemandangan alamnya. Tak sedikit pula yang hanya ingin berwisata atau sekedar bermain air.

Untuk dapat berwisata ke objek wisata manggasang, pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp10 ribu per sepeda motor yang diisi dua orang, kemudian Rp20 ribu per satu mobil yang diisi empat orang.

Pengunjung pun bisa melakukan berbagai macam aktivitas untuk bersenang-senang. Sejumlah fasilitas disediakan diantaranya gazebo, sewa pelampung, toilet, mushola, dan lain-lain.

Pengunjung pun bisa jika ingin berenang atau sekedar berendam. Namun, anak-anak yang terjun ke dalam sungai harus diawasi, sebab sungai di objek wisata Manggasang tidak semuanya dangkal.

Wisata Manggasang terletak di Desa Batu Tunggal, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Foto-istimewa
Wisata Manggasang terletak di Desa Batu Tunggal, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Foto-istimewa
Editor
Komentar
Banner
Banner