Hot Borneo

Libur Tahun Baru 2023, Pantai Takisung Ramai Pengunjung 

Pantai Takisung Ramai

Featured-Image
Tahun Baru 2023 pengunjung wisata Pantai Takisung ramai foto-apahabar.com/Candra

bakabar.com, PELAIHARI - Kawasan Pantai Takisung, Kabupaten Tanah Laut menjadi salah satu tempat wisata andalan warga Kalsel untuk menikmati hari libur Tahun Baru 2023.

Siang tadi, Minggu (1/1) kawasan pantai yang terkenal di Kalsel itu ramai didatangi wisatawan.

Pantauan bakabar.com, Pantai Takisung, wisatawan datang  dari berbagai daerah di Kalsel bahkan luar provinsi.

Setiap sudut Pantai Takisung ramai oleh  pengunjung, asik melihat pemandangan sambil berswafoto bersama keluarga.

Kebanyakan pengunjung datang bersama keluarga, maupun kerabat untuk menikmati libur Tahun Baru 2023 di Pantai Takisung.

Pengunjung selain menikmati pemandangan, juga tersedia permainan hingga dihibur musik  nuansa dangdut. 

Objek wisata Pantai Takisung, merupakan lokasi paling dekat jarak tempuh dari kota Pelaihari, diperkirakan hampir 23 Kilometer saja.

Akses jalan pun sudah bagus beraspal mulus, pengunjung bisa menggunakan kendaraan baik roda empat, roda dua, maupun mobil bus pariwisata.

Salah seorang pengunjung dari Banjarmasin Nurhalimah mengaku datang ke Pantai Takisung bersama keluarga, di 2023 ini  yang pertama kalinya datang ke tempat wisata pantai tersebut.

"Saya mulai dari Banjarmasin pukul 09.00 Wita, setelah sampai di lokasi wisata ternyata Pantai Takisung ramai pengunjung, kelihatannya ombak laut cukup kencang, saya merasa  khawatir anak lagi mandi maka saya ikut memantau," tuturnya.

Pengunjung lainnya yakni Permana warga Gambut mengaku sudah sering datang ke Pantai Takisung, karena akses terjangkau tidak terlalu jauh tempatnya.

"Saya cukup sering datang ke Pantai Takisung ini setiap liburan datang kesini. Dari Gambut bisa lewat Bumi Makmur dan Kurau , tidak jauhlah datang ke Takisung," katanya.

Permana menyayangkan air Pantai Takisung keruh banyak sampah, ditambah ombak cukup kencang.

"Saya cukup khawatir melihat ombak cukup  kencang anak saya ingin mandi. Ya saya jagain sampai selesai," tandasnya.

Di tempat terpisah Kepala UPT Pantai Takisung Umardiansyah mengatakan, pengunjung Tahun Baru 2023 tidaklah terlalu banyak yang datang ke pantai ini. 

Berbeda saat liburan hari raya lebaran, pengunjung lebih banyak yang datang, karena liburannya cukup panjang.

Ditaksir pengunjung yang datang ke Pantai Takisung hampir 1.000 orang dari data karcis masuk yang terjual.

Pengelolaan karcis selama dua hari libur tahun baru ini juga bekerja sama dengan pihak desa, yakni karcis masuk seharga Rp15.000.

"Pengelolaan karcis masuk oleh pihak ketiga, jadi Rp5.000 untuk daerah dan Rp10.000 untuk desa, namun setelah ini harga karcis kembali normal harga Rp5.000." jelasnya.

Terkait masalah sampah Umardiansyah bilang pihaknya sudah berusaha membersihkan sampah di pinggiran pantai, namun berulang kali sampah datang terbawa ombak air laut.

"Beberapa hari yang lalu di wilayah Pantai Takisung Air laut sempat naik ke darat  gelombang besar. Memang kalau selama bulan Desember - Maret air laut keruh, dan kembali jernih lagi di bulan April," katanya.

Dia bilang, untuk menjaga keamanan pengunjung berwisata, maka pihak Pemerintah Kabupaten Tanah Laut membuat posko di sekitar Pantai Takisung, melibatkan pihak TNI-POLRI, Dishub , BPBD dan lainnya.

"Pengunjung selalu diberi himbauan oleh petugas,  untuk selalu berhati-hati dan saling menjaga anak-anaknya yang sedang mandi," tandasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner