Hot Borneo

Libur Panjang, Pengunjung Wisata di Banjarbaru Melonjak Ratusan Persen

apahabar.com, BANJARBARU – Momen libur Hari Raya Idul Fitri 2022 ini menjadi angin segar bagi tempat…

Featured-Image
Suasana liburan keluarga di Amanah Borneo Park. Foto-Nurul Mufidah

bakabar.com, BANJARBARU – Momen libur Hari Raya Idul Fitri 2022 ini menjadi angin segar bagi tempat wisata di Kota Banjarbaru.

Pasalnya, menurut data dari Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) setempat terdapat lonjakan pengunjung, hingga ratusan persen.

Lonjakan itu nyaris terjadi di semua destinasi wisata yang ada di Kota Idaman.

Kepala Disporabudpar Kota Banjarbaru, A Yani Makkie bilang,bahwa rata-rata peningkatan berada di atas 100 persen dibanding tahun sebelumnya. Angka ini setidaknya terjadi selama momen libur lebaran yakni dari Senin (2/5) hingga Kamis (5/5) kemarin.

“Dari data yang masuk hingga kemarin, rata-rata mengalami lonjakan. Dari yang paling rendah 30 persen hingga yang tinggi ada lonjakan sampai 400 persen,” katanya, Jumat (6/5) pagi.

Misalnya, untuk wisata Kampung Pejabat katanya naik 100 persen. Lalu Kolam Renang Idaman naik sampai 300 persen. Pun demikian Wahana Air di Aquatica naik sampai 120 persen.

“Amanah Borneo Park naik jadi 400 persen, untuk Hutan Pinus Mentaos ada kenaikan dari 30 persen,” tambahnya.

Sedang wisata The Breeze Waterpark kata Yani, datanya belum masuk. “Ini masih proses.”

Yani menganalisa jika lonjakan dipicu dari dibukanya semua destinasi wisata di tahun ini.

Mengingat tahun lalu ujarnya memang ada pembatasan sehingga turut mengurangi tren berwisata.

Seperti diketahui, selama dua tahun terakhir tempat wisata dibatasi hingga vakum.Tak ayal, banyak tempat wisata diserbu wisatawan, baik warga Banjarbaru maupun luar daerah. Bahkan sampai ada dari provinsi tetangga.

“Alhamdulillah ini tentu patut kita syukuri bersama, warga bisa berwisata dengan keluarga dan pengelola wisata juga bisa membuka usahanya,” leganya.

Tentu lanjut Yani ini juga hal positif bagi Banjarbaru karena tren pariwisata terus bangkit.

“Bahkan ada wisatawan dari Kalteng dan Kaltim berwisata ke sini,” paparnya.

Kendati demikian, ia tetap mengingatkan kepada wisatawan dan juga pengelola untuk terus menjaga keamanannya. Termasuk kata Yani juga agar bisa memerhatikan protokol kesehatannya.

“Kita sudah beri imbauan dan juga terus mengingatkan agar pengelola tetap memerhatikan prokes, termasuk keamanan dan kenyamanan pengunjung,” tuntasnya.

Sementara itu, salah satu wisatawan lokal, Wardah mengaku senang dapat menikmati liburan dengan berwisata. Sebab, katanya selama 2 tahun terakhir ia menghabiskan waktu liburannya di rumah saja.

“Kemarin banyak pembatasan, bahkan dilarang mudik. Ini sudah diizinkan dan wisata buka. Alhamdulillah,” ucapnya.

Tak hanya sendiri, ia mengajak serta keluarga besarnya dari beberapa daerah di Kalsel untuk menikmati pelbagai wahana di Amanah Borneo Park.

“Semua keluarga kumpul liburan bareng, ada dari Banjarbaru, Kabupaten Banjar, dan Kapuas,” cetusnya.



Komentar
Banner
Banner