DPRD Kalsel

Legislator Kalsel Dukung Sultan Suriansyah Jadi Pahlawan Nasional

Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), M Lutfi Saifuddin mendukung Sultan Suriansyah jadi pahlawan nasional

Featured-Image
Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Selatan (Kalsel), M Lutfi Saifuddin mengunjungi Kompleks Makam Sultan Suriansyah di Kelurahan Kuin Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara pada Selasa, (11/10). Foto-Humas for apahabar.com

bakabar.com, BANJARMASIN - Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Selatan (Kalsel), M Lutfi Saifuddin mengunjungi Kompleks Makam Sultan Suriansyah di Kelurahan Kuin Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara pada Selasa, (11/10).

Kunjungan Lutfi dalam rangka melaksanakan menyerap dan menghimpun aspirasi dari konstetuennya saat reses.

Dalam kurun waktu sepekan, politisi Partai Gerindra tersebut sedikitnya bertandang ke enam belas titik wilayah di dapilnya.

“Alhamdulillah, saya berkesempatan mampir ke makam datu kita, Sultan Surianyah. Karena, sebentar lagi akan ada aruh ganal di Kompleks Makam Sultan Suriansyah yang mana dalam rangka melaksanakan haul ke-469 Sultan Suriansyah,” ujarnya.

Dilanjutkannya, bahwa pada aruh ganal nanti para jemaah akan bersama-sama memanjatkan dan mengirimkan doa kepada sultan pertama di bumi banjar yang memeluk agama islam. Karenanya, menurutnya ini akan sangat sakral sekali.

“Kami harapkan seluruh urang banjar, yang bisa berhadir di mana pun berada bisa turut mendoakan pada tanggal enam belas Oktober nanti dan berpartisipasi dalam aruh ganal ini,” ujar Lutfi.

Pada kesempatan ini, ia menerima aspirasi dari tokoh agama serta tokoh masyarakat yang ada, yakni mengusulkan agar Sultan Suriansyah dijadikan sebagai pahlawan nasional, dengan begitu sejarah dan semangat perjuangan Sultan Suriansyah tetap lestari hingga penerus yang akan datang.

“Saya juga sangat mendukung, semoga hal ini dapat terwujud sehingga kita bisa mengangkat kembali marwah kesultanan banjar yang mana di sini beliau bersemaiam, mudah-mudahan anak cucu kita akan tetap mengingat beliau,” pungkas Lutfi.

Sementara itu, Tokoh masyarakat selaku pengelola makam Sultan Suriansyah, H. Alariansyah menyambut baik kedatangan wakil rakyat ‘rumah banjar’ tersebut. Ia juga mengungkapkan rasa terimakasihnya karena telah membantu dalam persiapan aruh ganal ini.

“Kami selaku pengelola di sini berharap pada tokoh-tokoh banjar untuk sama-sama melaksanakan maulid Rasulullah SAW sekaligus haul Sultan Suriansyah. Kepada rekan-rekan mau pun pemerintah kami persilakan utnuk datang ke sini,” pungkas H. Alariansyah.

Ketua Pengelola Kompleks Makam Sultan Suriansyah, H. Budi Santoso Humaidi, juga berharap hal serupa. Ia mengimbau kepada seluruh warga khususnya yang ada di Banjarmasin untuk dapat ikut serta memeriahkan aruh ganal ini, dengan tujuan mengharap keberkahan.

Editor
Komentar
Banner
Banner