Nasional

Lava dari Gunung Semeru Mengalir hingga 800 Meter

apahabar.com, JAKARTA – Letusan Gunung Semeru tidak hanya menghasilkan awan panas, tetapi juga cairan lava yang…

Featured-Image
Warga berlarian saat Semeru erupsi. Foto.dok: Tangkapan Layar Video amatir warga

bakabar.com, JAKARTA – Letusan Gunung Semeru tidak hanya menghasilkan awan panas, tetapi juga cairan lava yang mengalir hingga 800 meter.

Aliran cairan lava ini berdasarkan catatan yang dihimpun Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

“Guguran lava pijar teramati dengan jarak luncur kurang lebih 500-800 meter dengan pusat guguran berada kurang lebih 500 meter di bawah kawah,” ujar Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari melalui keterangan resmi, Sabtu (4/12/2021).

Seperti diketahui, letusan gunung semeru terjadi pada sore tadi pukul 15.00 WIB. Namun, getaran banjir lahar atau guguran awan panas sebelum letusan tercatat mulai terjadi pada pukul 14.47 WIB dengan amplitudo maksimal 20 milimeter.

Akibat letusan ini, beberapa titik lokasi sekitar gunung mengalami kegelapan akibat kabut dari abu vulkanik.

Saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang telah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat dan para penambang untuk tidak beraktivitas di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Mujur dan Curah Kobokan.

Anggota BPBD Kabupaten Lumajang bersama tim gabungan lainnya segera menuju lokasi kejadian di sektor Candipuro-Pronojiwo untuk melakukan pemantauan, kaji cepat, pendataan, evakuasi dan tindakan lainnya yang dianggap perlu dalam penanganan darurat.

Tim BPBD Kabupaten Lumajang saat ini tengah mengupayakan untuk mendirikan titik pengungsian sektoral di Lapangan Kamarkajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.



Komentar
Banner
Banner