Erupsi Gunung Semeru

Gunung Semeru Keluarkan Letusan 31 Kali, Asap Membumbung 800 Meter!

Gunung Semeru di Jatim kembali erupsi. Gunung berapi utu keluarkan letusan 31 kali dalam 12 jam terakhir dan keluarkan asap.

Featured-Image
Gunung Semeru, Lumajang. Foto: Istimewa

bakabar.com, LUMAJANG - Gunung Semeru di Jawa Timur (Jatim) kembali erupsi. Gunung berapi utu keluarkan letusan 31 kali dalam 12 jam terakhir dan keluarkan asap.

Letusan itu terpantau pada periode waktu 06.00 hingga 18.00 WIB. Asap putih kelabu itu membumbung setinggi 800 meter ke arah utara atau Jonggring Saloko.

"Masyarakat dihimbau tidak beraktivitas langsung di area Besuk Kobokan sejauh 13 kilometer," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Semeru, Liswanto, Selasa (19/12).

Baca Juga: Awas! Gunung Semeru Keluarkan 37 Kali Letusan Dalam 12 Jam

Baca Juga: Kebakaran Pabrik Tiner Surabaya Baru Padam 7 Jam, Ada 6 Korban

Selain itu, masyarakat perlu mewaspadai sejumlah sungai di sekitar Gunung Semeru karena ada potensi perluasan awan panas. Seperti Sungai Besuk Sat, Besuk Bang, dan Besuk Kembar.

"Waspada terhadap potensi perluasan awan panas guguran, guguran lava, dan lahar yang mengalir langsung di sungai-sungai itu," imbau Liswanto

Sementara itu, BPBD Lumajang menyatakan bahwa tidak ada dampak signifikan dari letusan Gunung Semeru saat ini. Namun, masyarakat tetap harus waspada.

"Masyarakat tetap perlu waspada material letusan," ucap Kabid Kedaruratan dan Rehabilitasi BPBD Lumajang, Yudhi Eko Cahyono.

Editor


Komentar
Banner
Banner