haul guru sekumpul

Lautan Manusia di Haul ke-18 Guru Sekumpul: Mal Disulap, Jalan Nasional Dialihkan

Jemaah haul ke-18 Abah Guru Sekumpul tidak hanya memadati sekitar Musala Ar-Raudah, Martapura, Kalimantan Selatan, Minggu (29/1).

Featured-Image
Jemaah Haul ke-18 Abah Guru Sekumpul juga memenuhi atrium utama Q-Mall Banjarbaru, Minggu (29/1). Foto: Instagram Q-Mall Banjarbaru

bakabar.com, MARTAPURA - Jemaah haul ke-18 Abah Guru Sekumpul tak hanya memadati sekitar Musala Ar-Raudah, Martapura, Kalimantan Selatan, Minggu (29/1). Namun, mal atau pusat perbelanjaan Q-Mall Banjarbaru juga disulap menjadi tempat peringatan Haul. 

Pantauan bakabar.com, manajemen Q-Mall bahkan sampai menyediakan fasilitas dan menayangkan siaran langsung peringatan Haul dari Musala Ar-Raudah sehingga para jemaah bisa mengikuti peringatan Haul yang tersambung secara daring. 

Baca Juga: Jemaah Haul Guru Sekumpul Juga Penuhi Atrium Q-Mall Banjarbaru

Sementara, jalan nasional di sekitar lokasi peringatan Haul dialihkan dengan rekayasa lalu lintas karena akses jalan dipadati lautan manusia di jalan Sekumpul, Martapura sejak siang hari.

Bahkan, hingga sore hari, para jemaah terus berdatangan ke titik utama peringatan Haul Guru Sekumpul dan kepadatan jemaah juga tumpah di sekitar jalan yang mengarah ke Musala Ar-Raudah. 

Haul Guru Sekumpul
Pembagian minyak gratis bagi jamaah haul ke-18 Guru Sekumpul Martapura di Kota Banjarbaru bagi kendaraan bermotor, Minggu (29/1). Foto: Antara 

Misalnya Jalan Ahmad Yani Kilometer 39. Kondisi serupa juga terjadi di Jalan Menteri Empat, Jalan Pendidikan, hingga Jalan Tanjung Rema.

Baca Juga: Haul ke-18 Guru Sekumpul di Musala Ar-Raudah, Berikut Rangkaian Acaranya

Sejumlah jalan pun ditutup untuk kendaraan dari Bundaran Simpang Empat Banjarbaru, tepatnya Jalan Ahmad Yani Km 35 atau berjarak sekitar lima kilometer dari Sekumpul.

"Kami lakukan rekayasa lalu lintas sejak di Bundaran Besar, jadi jemaah hanya boleh berjalan kaki menuju Sekumpul," kata Kapolres Banjarbaru AKBP Dody Harza Kusumah saat berada di lapangan memimpin pengamanan.

Haul di Ar-Raudah
Jemaah haul Abah Guru Sekumpul memadati Jalan Ahmad Yani KM 39 Martapura, Minggu (29/1). Foto: Media Center Diskominfo Banjar

Tak hanya di Jalan Ahmad Yani yang merupakan ruas jalan nasional di Kalsel, seluruh jalan alternatif menuju Sekumpul juga padat merayap oleh kendaraan yang mengangkut jemaah baik dari arah Banjarmasin maupun Kabupaten Tanah Laut dan arah Hulu Sungai.

Alhasil, banyak dari jemaah yang hanya mengikuti kegiatan haul dari jauh seperti menggelar sajadah di sepanjang Jalan Ahmad Yani, mulai depan Q-Mall Banjarbaru hingga ke Sekumpul. Begitu juga dari arah Hulu Sungai, jemaah memenuhi Jalan Ahmad Yani depan Pasar Batuah Martapura.

Baca Juga: Puncak Haul Guru Sekumpul, Relawan Bagikan Ribuan Liter Bensin Gratis

Diketahui, Haul ke-18 Abah Guru Sekumpul resmi akan digelar untuk umum di Musala Ar-Raudhah, Martapura, Kabupaten Banjar, Minggu malam (29/1). Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Tuan Guru Sa'duddin, Imam Musala Ar-Raudhah Sekumpul.

Haul Abah Guru Sekumpul
Hujan gerimis, jemaah Haul ke-18 Abah Guru Sekumpul memadati Jalan A Yani KM 39 Martapura, Minggu (29/1). Foto-bakabar.com/Hendra Lianor

"Haul akan dilaksanakan seperti biasanya seperti sebelum pandemi Covid-19, hanya tidak dipublikasikan saja," ujar Guru Sa'duddin, Kamis (26/1) malam. 

Baca Juga: Link Live Streaming Haul ke-18 di Ar-Araudah: Sekumpul Penuh Hamparan Sajadah

"Jadi (haul digelar) terbuka untuk umum, tidak terbatas lagi," tandas Guru Sa'duddin, usai acara Haul Guru Sekumpul di Kampung Keramat.

Haul Guru Sekumpul adalah acara tahunan yang diselenggarakan untuk memeringati hari wafatnya Muhammad Zaini Abdul Ghani atau yang kerap disapa Abah Guru. Haul diadakan setiap 5 Rajab dan dipusatkan di Musala Ar-Raudhah Sekumpul.

Editor
Komentar
Banner
Banner