Hot Borneo

Launching Kampung Zakat di Tanah Bumbu, Menag RI: Ikhtiar Entaskan Kemiskinan

Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, melaunching Kampung Zakat di Desa Sukamaju, Kecamatan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Selasa (17/1/23).

Featured-Image
Launching Kampung Zakat di Desa Sukamaju Kecamatan Batulicin. Foto-Doknet.

bakabar.com, BATULICIN - Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, melaunching Kampung Zakat di Desa Sukamaju, Kecamatan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Selasa (17/1/23).

Kampung zakat merupakan program pemberdayaan bagi desa-desa miskin yang mendapatkan pembinaan, fasilitas, dan bantuan finasial dengan dana berbasis zakat, infak, dan sedekah.

Kampung zakat menjadi bagian integral dari paket Program Percontohan Bimas Islam (Proper BI) yang dijalankan oleh Kemenag sejak tahun 2018.

"Semua berharap kampung zakat ini bisa menjadi inspirasi bagi kita semua untuk tidak lupa menunaikan kewajiban dalam berzakat," ungkap Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas.

Menag mengatakan kampung zakat ini bisa menjadi sebuah inisiatif untuk ikhtiar guna melakukan pengentasan kemiskinan yang dilakukan oleh masyarakat sendiri, tanpa ada keterlibatan pemerintah.

"Ikhtiar masyarakat yang membentuk kampung zakat ini tentu menjadi bagian upaya untuk mempercepat proses pengentasan kemiskinan," pungkasnya.

Diketahui peluncuran Kampung Zakat ini juga dihadiri Ketua Yayasan Laziz Assalam Fil Alamin, Syafruddin Kambo, Wakil Bupati Tanah Bumbu, Muhammad Rusli, Kepala Kantor Kemenag Tanah Bumbu M Rusdi Hilmi, Dirjen Bimas Islam Kemeneg RI Kamaruddin Amin, Ketua Badan Amil Zakat Nasional KH Noor Achmad, serta Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Tambrin. 

Baca Juga: Mau Nikah di KUA Balikpapan Wajib Bawa 20 Nasi Kotak, Begini Tanggapan Kemenag

Editor


Komentar
Banner
Banner