Pemkab Tanah Bumbu

Lantik Pjs Kades di Satui, Zairullah: Pemekaran Desa untuk Mempermudah Pelayanan kepada Masyarakat

apahabar.com, BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar, mengatakan tujuan utama pemekaran desa adalah mempermudah…

Featured-Image
Bupati Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar, saat melantik Pjs kepala desa. Foto-Istimewa

bakabar.com, BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar, mengatakan tujuan utama pemekaran desa adalah mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

Hal itu disampaikannya saat melantik Pjs kepala desa di 4 desa persiapan wilayah Kecamatan Satui, kemarin.

Menurut Zairullah, desa hasil pemekaran yang akan dikelola kepala desa baru ini harus dianggap desa yang sudah jadi.

“Disitulah tanggung jawab harus dijalankan. Mengingat tujuan dari pemekaran itu adalah mempermudah pelayanan terhadap masyarakat,” ucap Zairullah.

Zairullah menuturkan pelantikan tersebut merupakan sesuatu yang bersejarah bagi Kecamatan Satui yang kini memiliki 4 desa hasil pemekaran.

“Pelantikan kepala desa tersebut sejatinya dipersiapkan untuk mengelola desa pemekaran,” tuturnya.

Bagi Zairullah sendiri tidak ada istilah desa persiapan, melainkan itu benar-benar desa yang sudah jadi.

"Bagi saya tidak ada istilah desa persiapan, ini anggap saja desa yang sudah jadi. Istilah persiapan itu berarti kadesnya harus benar benar siap melayani masyarakat, meski harus tidak tidur saat masyarakat membutuhkan di tengah malam,” ucap Zairullah.

Kenapa demikian, lanjutnya, kepala desa, sekretaris desa dan perangkatnya memiliki kepercayaan dari masyarakat yang harus dipertahankan.

"Melalui pelantikan itu, saya berharap kepada Pjs kepala desa agar senantiasa menjaga amanah yang diembankan, karena setiap amanah pemimpin kelak akan dipertanggung jawabkan di hadapan Tuhan,” pungkasnya.

4 Pjs kepala desa persiapan yang dilantik di wilayah Satui terdiri dari Desa Makmur Jaya yang merupakan pemekaran dari Desa Makmur Mulia.

Kemudian Desa Barakat Mufakat merupakan pemekaran dari Desa Sungai Danau. Selanjutnya Desa Beruntung Raya merupakan pemekaran dari Desa Sinar Bulan. Dan terakhir Desa Sido Rejo merupakan pemekaran dari Desa Wonorejo.



Komentar
Banner
Banner