Tak Berkategori

Lantai Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin Retak, Ini Saran Ahli

apahabar.com, BANJARMASIN – Kontruksi lantai yang retak di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin mendapat perhatian dari…

Featured-Image
Lantai Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin retak. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Kontruksi lantai yang retak di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin mendapat perhatian dari berbagai pihak.

Salah satunya dari Ikatan Nasional Tenaga Ahli Konsultan Indonesia (Intakindo) Kalsel. Mereka melakukan kunjungan dan pemeriksaan secara visual, kerusakan sebagian pada lantai masjid tersebut pada Selasa (25/5) lalu.

Hasilnya, bahwa adanya tegangan tarik dari dinding, yang terjadi settlemen atau penurunan, di depan dua kolom sehingga mengakibatkan retak pada marmer.

“Dinding sebelah kanan mimbar imam terjadi penurunan, sehingga bangunan tertarik yang mengakibatkan keretakan,” ujar Ketua Intakindo Kalsel, Nanda Febryan Pratamajaya, Rabu (26/5).

Nanda pun menyarankan agar dilakukan sejumlah pemeriksaan, sebelum nantinya dilakukan perbaikan.

Pertama pengecekan elevasi dinding apakah masih ada settlement/penurunan lagi, dan yang kedua pengecekan dan evaluasi retak yang ada pada marmer, apakah masih ada tegangan tarik yang terjadi.

“Kalau poin satu dan dua settlement sudah maksimal dan tidak ada perubahan dua hal tersebut, maka marmer bisa di kembalikan/diperbaiki pada kondisi semula (pembongkaran) dan dipasang keramik baru,” jelasnya.



Komentar
Banner
Banner