Hot Borneo

Lalu Lintas Udara di Bandara Syamsudin Noor Tumbuh 14 Persen Selama Libur Lebaran

Selama libur lebaran, lalu lintas udara di Bandara Internasional Syamsudin Noor tumbuh 14 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Featured-Image
Momen lebaran, pergerakan traffic di Bandara Internasional Syamsudin Noor melonjak. Foto-apahabar.com/Hasan

bakabar.com, BANJARBARU - Selama libur lebaran, lalu lintas udara di Bandara Internasional Syamsudin Noor tumbuh 14 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Sejak 14 April hingga 2 Mei 2023, Bandara Syamsudin Noor tercatat melayani 168.439 penumpang.

"Adapun aktivitas pergerakan pesawat juga tumbuh sebesar 12 persen dengan 1.414 movement di banding tahun lalu," kata GM Bandara Internasional Syamsudin Noor, Dony Subardono, Selasa (2/5) malam.

Baca Juga: Waketum MUI Kota Bekasi Buka Suara Terkait Peristiwa Penembakan

Puncak tertinggi keberangkatan dari Bandara Internasional Syamsudin Noor terjadi pada H-1 lebaran pada 21 April 2023. Jumlah penumpang saat itu mencapai 6.887 penumpang. 

Sedangkan arus balik tertinggi terjadi pada H+8 pada 1 Mei 2023 dengan total kedatangan 6.492 penumpang.

"On Time Performance (OTP) 85 persen dan terbaik nomor 1 dari 15 bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura I," katanya.

Baca Juga: Menhub Resmi Tutup Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2023

Selama masa mudik lebaran tahun 2023, kata Dony, kondisi operasional bandara juga berjalan dengan normal dan terkendali.

Selama mudik lebaran juga terjadi penambahan penerbangan (ekstra flight) sebanyak 256 dengan rute Surabaya, Yogyakarta dan Semarang.

Menurutnya, kenaikan jumlah traffic dan penumpang ini juga tidak lepas dari adanya liburan panjang saat lebaran dan cuti bersama yang dimajukan oleh pemerintah.

Dia pun mengapresiasi dan berterima kasih yang kepada para petugas di lingkungan PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Internasional Syamsudin Noor, TNI/Polri, Basarnas, BMKG dan para mitra stakeholder yang membantu kelancaran pelaksanaan posko lebaran Idulfitri.

Editor


Komentar
Banner
Banner