Peristiwa & Hukum

Lagi, Karhutla di Banjarbaru Nyaris Bakar Rumah Warga

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Banjarbaru benar-benar mengganas. Kota ini menjadi yang paling parah soal karhutla se-Kalsel.

Featured-Image
Karhutla di Guntung Damar Banjarbaru. Foto-scvideo

bakabar.com, BANJARBARU - Kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) di Banjarbaru tak pernah berhenti. Kali ini di Kelurahan Guntung Payung, Kecamatan Landasan Ulin.

Bahkan api yang membakar lahan sekitar 1 hektar tersebut nyaris membakar rumah warga di Jalan Guntugn Damar, Selasa, pukul 14.30 Wita. 

Beruntung petugas di lapangan sigap memadamkan api. "Api sudah padam dan tidak sempat membakar rumah warga," kata Kapolsek Liang Anggang, Kompol Yuda K Pardede.

Lahan yang terbakar adalah lahan kosong yang tidak digarap dan ditumbuhi rumput liar, seperti semak belukar dan ilalang.

Baca Juga: Dahsyatnya Karhutla di Pengayuan Banjarbaru, Nyaris Makan Korban Ibu dan Anak

Belum diketahui siapa pemilik lahan. Begitu juga dengan asal api. Perkiraan polisi, karhutla itu faktor alam. Cuaca panas ditambah penomena el nino menjadi penyebabnya.

"Karena rumput liar yang kering sangat mudah terbakar serta cepat membesar dengan adanya angin," kata Yuda.

Meski diduga karena faktor cuaca panas, namun Yuda mengimbau agar masyarakat tidak membakar lahan untuk membuka perkebunan atau pertanian.

Baca Juga: Kualitas Udara Banjarbaru Menurun, Begini Imbauan Wali Kota

Baca Juga: Kualitas Udara Banjarbaru Memprihatinkan Akibat Karhutla

Editor


Komentar
Banner
Banner