Nasional

Lagi! Gegara Tuas, Pesawat Mendarat Darurat

apahabar.com, JAKARTA – Kali ini bukan Citilink, melainkan Wings Air. Pesawat bernomor penerbangan IW1878 tujuan Bima…

Featured-Image
Pesawat bernomor penerbangan IW1878 tujuan Bima terpaksa putar balik dan mendarat di Bandara Lombok. Foto ilustrasi: Ist

bakabar.com, JAKARTA – Kali ini bukan Citilink, melainkan Wings Air. Pesawat bernomor penerbangan IW1878 tujuan Bima terpaksa putar balik dan mendarat di Bandara Lombok, Selasa (12/10).

Penyebabnya lagi-lagi diduga akibat tuas pintu darurat ditarik penumpang.

Pesawat Wings Air tipe ATR72 tersebut, dikutip dari Kompas.com, lepas landas dari Bandara Lombok pada pukul 16.06 Wita.

Terbang selama 20 menit, pesawat yang membawa 62 penumpang tersebut kembali mendarat di Bandara Lombok pada pukul 16.26 Wita.

Menariknya, salah satu penumpang pesawat tersebut menyiarkan langsung suasana setelah pesawat mendarat di darurat melalui akun Facebook-nya.

Pemilik akun Facebook Dewi Ratna Muchlisa tersebut live sekitar 9 menit 22 detik.

Dalam video tersebut ia menyebut insiden tersebut terjadi diduga karena ulah penumpang yang duduk di bagian depan memegang tuas pintu darurat hingga sedikit terbuka.

Terpisah, Humas Bandara Lombok, Arif Haryanto membenarkan pesawat Wings Air melakukan return to base (RTB).

“Artinya kalau lihat ATD (actual time of departure) dan ATA (actual time arrival) setelah terbang sekitar 20 menit, pilot memutuskan untuk mendarat kembali ke bandara asal (RTB) karena alasan air pressure trouble,” kata Arif dalam rilis tertulisnya.

Sebagai pengingat, insiden serupa juga pernah terjadi pada akhir September kemarin. Pesawat Citilink bernomor penerbangan QG 944 rute Jakarta menuju Batam mendarat darurat di di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan pada Senin (27/9).

Musababnya, seorang penumpang anak-anak yang berada di seat row 11 dalam penerbangan tersebut melepas penutup pelindung tuas pintu darurat atau cover handle emergency exit di luar pengawasan orang tuanya.

Pelindung Tuas Darurat Dilepas Bocil, Citilink Mendarat Darurat



Komentar
Banner
Banner