Kejuaraan Dunia Jetski

Kurang Persiapan, Aqsa Aswar Naik Podium di Kejuaraan Dunia

Pejetski Indonesia Aqsa Aswar kembali mengharumkan Merah Putih saat tampil pada Kejuaraan Dunia “The 42nd World Finals 2023” di kota Lake Havasu, Arizona, Ameri

Featured-Image
Pejetski Indonesia, Aqsa Aswar. foto: instagram/aqsaaswar

bakabar.com, JAKARTA - Pejetski Indonesia Aqsa Aswar kembali mengharumkan Merah Putih saat tampil pada Kejuaraan Dunia “The 42nd World Finals 2023” di kota Lake Havasu, Arizona, Amerika Serikat.

Kejuaraan World Finals 2023 yang tiap tahun diselenggarakan oleh International Jet Sports Boating Association, kali ini berlangsung pada 2 sampai 8 Oktober lalu. 

Dalam kejuaraan dunia tersebut, Aqsa Aswar Kembali menunjukan kemampuannya untuk berada di atas podium.

Pejetski berusia 26 tahun tersebut berhasil finis ke-3 di kelas bergengsi, Pro Am Endurance Open.

Baca Juga: Atlet Jetski Peraih Emas SEA Games Punya Hobi Lain, Srixon Beri Apresiasi

Sementara Jean Bruno Pastorello dari Perancis berhasil menjadi juara dan diikuti wakil Australia Kylie Ellmers yang menempati runner-up.

Bagi Aqsa, ini merupakan pencapaian yang tidak mudah. Sebab, ia harus bersaing dengan pembalap-pembalap terbaik di dunia Jetski yang berasal dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Perancis, Italia, Australia, Kuwait, Kanada, UEA, Thailand dll.

Selain di kelas tersebut, Aqsa Aswar juga tampil di kelas berbeda lainnya yakni kelas Pro Am Runabout 1100 Stock dan harus puas menempati urutan ke-4.

Sementara itu di kelas Pro Am Runabout Stock juga Aqsa juga tampil dan berada di urutan ke-5.

Baca Juga: Target 8 Emas Asian Games 2022 Meleset, Menpora Dito Minta Maaf

Kemampuan fisik yang cukup baik membuat Aqsa mampu tampil di 3 kelas sekaligus dengan masing-masing kelas terdiri dari 3 motto (3x balapan).

Tim Jetski Indonesia juga menurunkan Wisnu Dwihutomo (34 thn) di kelas Amateur Runabout 1100 Stock dengan menempati urutan ke-6.

Selain itu, pembalap junior yang saat ini berlatih di Jetski Indonesia Academy, Ancol, Aftara Ivanov tampil pada kelas Novice Runabout 1100 Stock dan menempati urutan ke-9.

Pencapaian itu terbilang cukup baik mengingat Aftara masih berusia 14 tahun dan diharapkan bisa menjadi calon pejetski Indonesia yang meraih sukses di masa depan.

Baca Juga: Asian Games 2022 Jadi Bahan Evaluasi Menuju Olimpiade 2024

Secara umum para pembalap Tim Jetski Indonesia 2023 berada pada 10 besar dunia.

Pimpinan Indonesia Jet sports Boating Association serta pelatih tim Jetski Indonesia, Fully Aswar menjelaskan bahwa salah satu faktor keunggulan tim negara lain adalah sudah berada di lokasi pertandingan jauh sebelum kejuaraan berlangsung.

"Praktis lebih memiliki waktu persiapan jetski-jetski dan fisik yang cukup melalui proses penyesuaian cuaca dan setempat yang cukup ekstrem," ujar Fully Aswar dalam pernyataan resminya.

 Sementara Tim Indonesia sendiri hanya punya waktu persiapan 2 hari disertai jetlag perjalanan. Namun demikian hasil kali ini akan menjadi pemacu bagi para calon-calon atlet jetski untuk menjadi nomor satu di dunia.

Editor
Komentar
Banner
Banner