Kodim 1022 Tanah Bumbu

Kunjungi Tanbu, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 101 Kagumi Kain Tenun Khas Pagatan

apahabar.com, BATULICIN – Ketua Persit Kartika Candra Kirana Koorcab Rem 101 PD VI Mulawarman, Pupu Firmansyah,…

Featured-Image
Ketua Persit KCK Koorcab Rem 101 saat berkunjung ke Tanah Bumbu. Foto-Kodim 1022/TNB for apahabar.com

bakabar.com, BATULICIN – Ketua Persit Kartika Candra Kirana Koorcab Rem 101 PD VI Mulawarman, Pupu Firmansyah, melalukan kunjungan ke Bumi Bersujud, Rabu (15/9).

Dalam lawatannya ke Tanah Bumbu, Pupu Firmansyah, mengunjungi salah satu tempat sentra pembuatan tenun ikat, yakni tenun khas Pagatan di Kecamatan Kusan Hilir.

Di sana, Pupu Firmansyah diperlihatkan bagaimana proses pembuatan kain yakni menggunakan alat tenun bukan mesin, bahkan dia sempat mencoba mengoperasikan alat tersebut.

Berbagai macam corak dan motif kain yang identik dengan kekayaan alam dan budaya Bumi Bersujud membuat rombongan kagum akan keindahan warisan seni nenek moyang berupa kain tenun yang hingga saat ini masih dilestarikan.

“Alhamdulillah ibu Ketua Persit KCK Koorcab Rem 101 PD VI Mulawarman menyempatkan diri berkunjung ke wilayah Kodim Tanah Bumbu dengan meninjau pembuatan tenun di Pagatan,” ungkap Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cab XLIX Dim 1022, Dian Rahmat Trianto.

Dian mengatakan keberagaman corak tenun khas Pagatan membuat rombongan kagum akan keindahannya.

“Alhamdulillah, keberagaman corak tenun khas Pagatan yang identik dengan kekayaan alam dan budaya yang ada di Tanah Bumbu membuat ibu Persit Korem kagum,” ujarnya.

Diketahui berbagai corak yang dihasilkan tenun Pagatan seperti keberagaman biota laut, motif tugu Pagatan, serta motif-motif keindahan tenun yang dibuat secara tradisional.

Dian berharap dengan berkunjungnya Ketua Persit Korem ke sentra tenun bisa mengabarkan ke daerah-daerah lain bahwa Tanah Bumbu memiliki kain tenun yang khas.

“Harapan kita semua ada cerita yang bisa tersampaikan, sehingga nantinya semua orang akan tahu dan ingin mengenal serta menggunakan kain tenun khas Pagatan Tanah Bumbu,” pungkasnya.(*)

Komentar
Banner
Banner