Pemkab Hulu Sungai Tengah

Kunjungi HST, Paman Birin Terima Saran dari Bupati

apahabar.com, BARABAI – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) HA Chairansyah memberi saran kepada Pemprov Kalsel berkaitan…

Featured-Image
Paman Birin tunjukkan aksi nyata memerangi Corona dengan mencuci tangan pakai sabun di kediaman dinas Bupati HST, Senin (30/3). Foto-Istimewa

bakabar.com, BARABAI – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) HA Chairansyah memberi saran kepada Pemprov Kalsel berkaitan dengan pencegahan Covid-19.

Hal itu disampaikan Chairansyah secara langsung kepada Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dan Kabiro Kesra Setdaprov Kalsel yang bertandang ke HST, Senin (30/3).

“Pemeriksaan orang yang datang dari luar provinsi melalui Bandara Syamsudin Noor agar dilakukan dengan selektif. Supaya orang yang datang benar-benar diketahui kondisinya sedini mungkin, sehingga data yang masuk ke daerah dapat di ketahui dan akan lebih mudah dalam upaya pencegahan penularan Covid-19,” kata Bupati yang didampingi Wakilnya, Berry Nahdian Forqan di kediaman dinasnya waktu itu.

Kunjungan yang dilakukan Pemprov Kalsel saat itu dilakukan untuk meninjau kesiapsiagaan penanggulangan Covid-19.

Di HST, pemerintah daerah telah memperisiapkan segala sesuatunya. Mulai dari RSUD H Damanhuri Barabai. Di sana, kata Chairansyah sudah disiapkan ruang isolasi dengan 9 kasur.

“Maksimal 10 bed (kasur) bila diperlukan. Utuk ruang isolasi orang yang datang dari wilayah transmisi lokal, akan dipakai gedung eks Akper,” terang Chairansyah.

Sejalan dengan pemerintah provinsi, pihaknya juga sudah mengeluarkankan imbauan, baik dari bupati maupun dari instansi lainnya untuk menyerukan pencegahan penularan Covid-19.

Hal itu juga sudah dikoordinasikan degan para ulama, MUI dan Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Muhibbin Barabai, KH Muhammad Bakhiet. Koordinasi itu terkait tata cara beribadah bagi umat muslim di HST.

“Anggapan beliau positif. Malahan sudah aksi duluan dengan meliburkan majelis unuk sementara waktu dan MUI juga sudah mengeluarkan Himbauan terkait pencegahan Covid-19,” tutup Chairansyah.

Kedatangan orang nomor satu di Kalsel bersama Kabiro Mujiyat saat itu juga menyampaikan agar tidak mengangap remeh wabah asal Negeri Tirai Bambu itu.

“Harus ada penanganan yang serius dari pemerintah daerah, sesuai dengan imbauan yang kami keluarkan,” kata gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini.

Dalam aksi nyata mengantisipasi pandemik, Paman Birin memberi contoh dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan membatasi menyentuh wajah sebelum cuci tangan.

Paman Birin juga mengingatkan warga untuk berpartisipasi menanggulangi wabah itu. Caranya, bagi yang datang dari luar kota maupun provinsi, terlebih daerah terjangkit agar melaporkan dan memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan terdekat.

“Isolasi diri dan batasi interaksi sosial,” tutup Paman.

Kedatangan gubernur dan Biro Kesra Kalsel itu juga dihadiri oleh OPD Pemkab HST, Ketua DPRD dan gugus tugas penanganan Covid-19.

Reporter HN Lazuardi
Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner