Pemilu 2024

Kuku Pelipat Surat Suara Pemilu 2024 di Depok Tak Boleh Panjang!

Proses sortir lipat surat suara Pemilu 2024 di Depok dimulai, Rabu (10/1). Sebelum bekerja, kuku petugas pelipat diperiksa KPU.

Featured-Image
Petugas lipat surat suara dilakukan cek body. apahabar.com/Rubiakto

bakabar.com, DEPOK - Proses sortir lipat surat suara Pemilu 2024 di Depok dimulai, Rabu (10/1). Sebelum bekerja, kuku petugas pelipat diperiksa KPU.

"Itu untuk menghindari kerusakan. Kalau kuku panjang kan rawan kena kertas bisa tergores atau merusak surat suara. Jadi bagi yang kukunya panjang diminta dipotong," kata Ketua KPU Depok, Willi Sumarlin.

Tak hanya kuku panjang. Petugas pelipat juga tak boleh pakai cincin. Tangan mereka mesti benar-benar steril.

Baca Juga: KPU Kota Depok Temukan 200 Kotak Suara Rusak

Tahap lipat surat suara ini dilakukan di Gudang Logistik KPU Depok. Lokasinya di Jalan Raya Bogor, Kelurahan Pabuaran, Cibinong, Kabupaten Bogor. Dimulai sejak pukul 08.00 WIB.

Sebelum proses peipatan dimulai, petugasnya juga menjalani pemeriksaan badan. Atau body check. Terutama ketika masuk ke gudang logistik. Dan ada banyak peraturan lainnya.

Baca Juga: Akhirnya! SDN Pocin 1 Depok Pindah ke Tempat Anyar

"Kemudian tidak boleh membawa minuman dan makanan ke dalam area steril. Tidak boleh mendokumentasikan. Nanti keluarnya juga dilakukan cek bodi ketika selesai," jelas Willi.

Biar tahu saja. Untuk penyortiran dilakukan dua shift. Pertama 150 orang, begitu juga yang kedua. Jadi total ada 300 petugas.

Sejauh ini baru tersedia surat suara untuk DPD RI di Depok. Jumlahnya sebanyak 1.423.760 lembar. Selebihnya, akan datang besok. Pelipatan ini ditarget rampung sepekan ke depan.

Editor


Komentar
Banner
Banner