Dishut Kalsel

KPH Cantung Fasilitasi Sarana dan Prasarana Posluhutdes di Kotabaru

apahabar.com, KOTABARU – Kelompok Pengelolaan Hutan (KPH) Cantung menyerahkan sarana Pos Penyuluhan Kehutanan Perdesaan (Posluhutdes) di…

Featured-Image
KPH Cantung menyerahkan sarana Posluhutdes di tiga desa di Kabupaten Kotabaru. Foto-Istimewa

bakabar.com, KOTABARU – Kelompok Pengelolaan Hutan (KPH) Cantung menyerahkan sarana Pos Penyuluhan Kehutanan Perdesaan (Posluhutdes) di tiga desa di Kabupaten Kotabaru.

Ketiga desa yang berada di Kecamatan Cantung itu adalah Bangkalaan Dayak, Bungkukan, dan Sangsang.

Posluhutdes merupakan salah satu upaya percepatan proses pembelajaran pelaku utama dan pelaku usaha dalam memperoleh akses informasi, teknologi, serta pasar yang bertujuan meningkatkan produktivitas, pendapatan, kesejahteraan, dan kesadaran dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup.

"Posluhutdes dibentuk dan dikembangkan terutama di desa-desa di dalam dan sekitar kawasan hutan yang memiliki intensitas interaksi masyarakat relatif tinggi,” ucap Penyuluh Kehutanan KPH Cantung, Saidil Fathani, akhir pekan lalu.

Menurutnya, masih banyak pihak yang kurang tepat dalam memahami Posluhutdes. Kehadiran Posluhutdes lebih difokuskan terhadap pengembangan kelembagaan masyarakat untuk mempercepat proses pembelajaran masyarakat dalam pembangunan kehutanan.

"Untuk itu penting kiranya penyediaan sarana dan prasarana dalam menunjang kegiatan Posluhutdes. Ini merupakan langkah awal dalam pengelolaan ruang informasi publik dalam pembangunan kehutanan di wilayah KPH Cantung,” lanjutnya.

Oleh sebab itu, KPH Cantung memfasilitasi bantuan sarana dan prasarana berupa papan nama Posluhutdes, lemari, meja, kursi, buku bacaan bidang kehutanan, dan beberapa judul leaflet.

“Dengan adanya bantuan sarpras ini, semoga dapat dirawat dan dipelihara dengan baik,” tandasnya.

Baca Juga: Milad ke 107 Muhammadiyah; 50 Anak di Kotabaru 'Potong Burung'

Baca Juga: Mengintip Eksotisme Gua Keramat Suku Dayak di Kotabaru

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner